Bagi kamu yang punya ketertarikan menggeluti dunia fashion, tapi juga ingin terjun di dunia pendidikan, maka jurusan Pendidikan Tata Busana dapat kamu jadikan pilihan studi lanjut. Jurusan ini tersedia dalam jenjang S1 pendidikan dan kebanyakan kampus-kampus bekerja sama dengan sekolah-sekolah tata busana yang berpengalaman. Karena berada dalam rumpun program studi kependidikan, jurusan ini tidak hanya mempelajari keterampilan membuat busana, melainkan juga mengajar.

 

Bidang-bidang yang akan dipelajari mencakup: ilmu di bidang busana, mengelola kelas, laboratorium dan workshop, menilai hasil belajar siswa, mengenal penyelenggaraan administrasi sekolah, serta berwirausaha di bidang busana. Tak lupa juga menitikberatkan pada prinsip sebagai pengajar, yaitu merencanakan serta melaksanakan penelitian di bidang busana.

 

Mempelajari cara merancang mode dan menggambar busana, mulai dari busana anak hingga orang dewasa menurut jenis kelamin masing-masing serta momentum tertentu, menjadi bagian dari keterampilan yang diajarkan kepada mahasiswa jurusan ini. Di sisi lain, mempelajari aspek cara mentransfer keterampilan-keterampilan tersebut kepada anak didiknya kelak, juga menjadi skill yang dipelajari guna mencetak lulusan-lulusan yang kompeten di dunia pendidikan Tata Busana. Jadi, kompetensi yang diharapkan ada pada para lulusan ialah menguasai ilmu di bidang busana serta mampu mengelola dan berinteraksi dengan siswa di kelas, serta menilai hasil belajar siswa.

 

Nantinya, prospek karir yang akan dijalani oleh para lulusan adalah sebagai tenaga pengajar bidang tata busana di sekolah menengah. Selain itu, kamu juga bisa berkarir menjadi desainer dan penata gaya atau konsultan fashion, baik di butik maupun media massa.

 

 

Referensi:

http://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-tata-busana-s1/ (diakses pada 18 Maret 2015)

http://www.unj.ac.id/ft/jurusan/ikk/content/s1-pendidikan-tata-busana (diakses pada 18 Maret 2015)