0828-9405-9829

Ekonomi Pembangunan adalah salah satu bagian dari ilmu ekonomi yang mengkhususkan diri pada persoalan pembangunan yang telah, sedang, atau akan terjadi di negara-negara berkembang. Mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan disiapkan untuk menjadi ahli perencanaan bidang pembangunan ekonomi yang jeli melihat faktor-faktor penyebab ketertinggalan negara-negara berkembang dari negara-negara maju serta untuk mencari solusinya.

Secara umum, jurusan Ekonomi Pembangunan mencakup mata kuliah sebagai berikut:

  • Ekonomi

Contoh: Ekonomi Regional, Ekonomi Internasional, Ekonomi Kebijakan Publik, Ekonomi Moneter, Ekonomi Kesehatan, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, serta Ekonomi E-Commerce

  • Perencanaan dan Analisis Pembangunan

Contoh: Perencanaan Penganggaran Sektor Publik, Perencanaan Pembangunan Desa, serta Analisis Kebijakan Publik dan Regional

  • Bisnis

Contoh: Akutansi, Manajemen, Kewirausahaan, Bahasa Inggris Bisnis, Hukum Bisnis

Di salah satu universitas negeri di Surabaya, konsentrasi yang tersedia adalah: Ekonomi Moneter, Ekonomi Publik, dan Ekonomi Pembangunan Daerah.

Yang akan kamu pelajari adalah cara mengatasi masalah perekonomian negara dari faktor-faktor ekonomi seperti simpanan rakyat, ekspor/impor, investasi domestik dan asing, pertumbuhan sektor pertanian dan perindustrian, juga bantuan luar negeri untuk negara berkembang seperti Indonesia. Selain itu, ada juga pembelajaran tentang faktor-faktor non-ekonomi seperti kualitas pendidikan dan kesehatan rakyat yang tentunya terkait dengan pertumbuhan ekonomi negara.

Peluang karir bagi lulusan Ekonomi Pembangunan sangat luas dan cenderung menduduki posisi yang strategis karena disiapkan untuk menjadi pemikir/perencana. Beberapa profesi yang bisa dipilih oleh lulusan ekonomi pembangunan antara lain: dosen, pegawai badan dan lembaga negara (Bappenas, LIPI, kementrian ekonomi, pemerintah daerah), staf BUMN, perusahaan swasta, atau lembaga nirlaba lokal maupun internasional seperti PBB (UNICEF, World Bank, dll) atau Asian Development Bank.

Salah satu tokoh yang pernah mengambil jurusan ekonomi pembangunan adalah Ibu Sri Mulyani Indrawati. Sebelum menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, beliau pernah menjadi Menteri Keuangan, bahkan pernah menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia tahun 2006 oleh Emerging Market dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Negara-negara berkembang, terutama Indonesia, masih membutuhkan banyak ahli perencanaan perekonomian agar negara kita semakin maju dan seluruh rakyatnya bisa hidup sejahtera. Untuk itu, bagi kalian yang suka berpikir kritis, tertarik terhadap ilmu ekonomi dan memiliki keinginan untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara, jurusan Ekonomi Pembangunan adalah salah satu pilihan bidang studi yang bisa ditekuni di perguruan tinggi.

 

Referensi:

http://ep.unnes.ac.id/?page_id=89

http://ep.unnes.ac.id/?page_id=70

http://id.wikipedia.org/wiki/Sri_Mulyani_Indrawati

5 thoughts on “Ekonomi Pembangunan”

  1. cara untuk mendapatkan beasiswa bagaimana ya? sy mahasiswa di universitas wijaya kusuma surabaya semester 3

  2. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, salah satu prodinya adalah S1 Ekonomi Pembangunan. Kebetulan saya salah satu mahasiswa Ekonomi Pembangunan Unair.

Comments are closed.