Racun Karbon Monoksida – Apa yang Harus Dilakukan Saat Anda Mencurigainya?

Keracunan karbon monoksida adalah keadaan darurat medis yang serius

Sebagian besar rumah memiliki setidaknya satu alat yang menghasilkan karbon monoksida – termasuk lemari es, kompor, mesin cuci, oven, perapian, dan pemanas air panas. Tungku, unit AC, pemanas air, kompor, pengering, kompor, dan bahkan perapian listrik Anda adalah sumber potensial karbon monoksida, terutama jika tidak dirawat dengan baik atau dipasang dengan ventilasi yang tepat.

Ada beberapa gejala yang berhubungan dengan keracunan karbon monoksida. Gejala keracunan karbon monoksida yang paling umum adalah sakit kepala, mual, muntah, gelisah, pusing, kelelahan, dan kebingungan. Beberapa orang mungkin mengalami keempat gejala ini sekaligus. Penting untuk mendapatkan dokter untuk mengevaluasi tingkat keparahan keracunan karbon monoksida karena mungkin ada beberapa penyebab medis yang mendasarinya.

Jika karbon monoksida tidak segera terdeteksi, dapat menyebabkan penyakit parah atau kematian. Dalam banyak kasus, keracunan karbon monoksida disebabkan oleh log gas yang salah.

Jika Anda mencium bau bahan kimia, kemungkinan rumah Anda menderita efek berbahaya dari karbon monoksida. Banyak peralatan gas mengandung gas dalam bentuk uap, yang dilepaskan melalui saluran udara ke dalam rumah. Log gas dirancang untuk menjebak gas-gas ini di saluran sehingga tidak meresap kembali ke dalam rumah dan memulai reaksi kimia dengan dinding dan langit-langit.

Keracunan karbon monoksida adalah hasil dari penumpukan bahan kimia seperti karbon dioksida di rumah Anda. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang terjadi secara alami di atmosfer. Ini adalah limbah yang dihasilkan ketika pohon ditebang atau tanaman dibakar. Banyak bahan kimia dan gas dari pembakaran pohon dibawa melalui udara dan masuk ke rumah Anda.

Keracunan karbon monoksida juga dapat terjadi dari cerobong yang bocor. Cerobong adalah sistem ventilasi, yang berarti mengumpulkan asap yang keluar dari perapian atau peralatan lain dan mengarahkannya ke area penyimpanan di rumah.

 

Keracunan karbon monoksida dapat terjadi di setiap ruangan di rumah, tetapi paling sering terjadi di ruang tamu. Cerobong asap dan ruang bawah tanah adalah risiko tertinggi. Karbon monoksida yang masuk ke sistem pemanas rumah dapat menumpuk di dalam gedung, menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka yang tinggal di dalamnya. Orang lain mungkin mengalami kerusakan paru-paru dan kehilangan memori permanen karena keracunan karbon monoksida.

Keracunan karbon monoksida dapat diobati jika terdeteksi cukup dini. Jika keracunan karbon monoksida parah, pilihan terbaik adalah menghubungi dokter. Dia akan dapat menilai situasi dan menentukan apakah keracunan karbon monoksida telah menyebabkan masalah kesehatan pada individu tersebut. Dia kemungkinan akan meresepkan obat yang akan membantu meringankan gejala pasien dan melindunginya dari paparan gas tambahan.

Gejala dapat bervariasi tergantung pada seberapa banyak yang telah dikonsumsi dan kapan tertelan. Beberapa orang menderita sakit kepala atau sakit perut, sementara yang lain hanya sakit kepala ringan. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang mungkin mengalami kelemahan atau pusing serta pingsan. Gejala yang tepat akan tergantung pada individu tetapi biasanya termasuk kehilangan keseimbangan, mual, muntah, dan peningkatan detak jantung.

Untuk mencegah keracunan karbon monoksida, lakukan sedikit riset tentang berbagai produk di pasaran. Ada beberapa sistem yang dapat Anda beli yang dapat mengontrol kadar gas di rumah. Sistem ini bervariasi dalam harga dari kurang dari dua puluh dolar hingga lebih dari $300. Sistem ini dirancang untuk menyaring gas berlebih yang masuk ke sistem dan mengubahnya menjadi zat inert yang aman bagi lingkungan untuk dihirup.

Untuk menghindari paparan gas karbon monoksida, Anda harus menghindari menyimpan barang di area yang memiliki panas berlebih. Ini termasuk kompor, mesin cuci pakaian, pengering pakaian, dan perapian.

Sangat penting untuk tidak membiarkan gas menumpuk di dalam rumah karena ini dapat menimbulkan lebih banyak masalah daripada yang dapat diperbaiki. Jika Anda menduga racun karbon monoksida mempengaruhi Anda atau keluarga Anda, segera hubungi profesional untuk mendiskusikan pilihan Anda dan untuk membantu menentukan tindakan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *