Memahami Berbagai Jenis UCD

Penyakit Castleman (UCD) adalah salah satu dari beberapa penyakit bawaan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Memahami Berbagai Jenis UCD mengalami jaringan parut dan penebalan

Penyakit ini mungkin sulit didiagnosis, jadi mengetahui gejala yang Anda alami akan membantu Anda dan dokter membuat diagnosis yang akurat.

Unicentric Castleman (UCD): Pada UCD unicentric, satu atau lebih kelenjar getah bening di area tubuh tertentu mungkin terpengaruh. Ini juga disebut sebagai penyakit castleman unicentric terlokalisasi. Penyebab UCD unicentric masih belum diketahui.

Multicentric unicentric UCD (MCD): Beberapa kelenjar getah bening yang terkena di berbagai area tubuh, meskipun tidak terletak di tempat yang sama. Penyebab MCD masih belum diketahui. Dalam kasus ini, mungkin sulit untuk mendiagnosis jenis UCD yang Anda alami berdasarkan gejala saja.

Sindrom Castleman: Bentuk penyakit bawaan langka ini biasanya menyerang pria. Gejala berupa kelemahan, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan sering buang air kecil. Ini bukan penyakit menular; itu tidak menyebar dari orang ke orang. Namun, jika Anda sudah mengalami kondisi ini, Anda mungkin masih rentan untuk mengembangkan bentuk lain dari Penyakit Castleman atau mengembangkan kondisi sekunder.

Anemia: Jika Anda menderita UCD unisentrik, Anda mungkin berisiko mengalami anemia karena sistem limfatik menghasilkan lebih sedikit sel darah merah daripada sel darah putih. Jika Anda telah didiagnosis dengan kondisi ini, Anda mungkin memperhatikan bahwa jumlah hemoglobin dalam urin Anda menurun. Anda mungkin juga menemukan bahwa Anda mengalami peningkatan rasa sakit saat buang air kecil. Anda dapat meningkatkan aliran urin dengan minum banyak cairan.

Hemolisis: Dalam kasus yang jarang terjadi, orang dengan UCD unisentrik mungkin mengalami anemia yang disebabkan oleh sumsum tulang yang berkurang secara tidak normal. Meskipun pengobatan untuk kondisi ini melibatkan terapi cairan intravena, mungkin juga perlu mencakup transplantasi sumsum tulang.

Scleroderma: Penyakit Castleman juga dapat menyebabkan Scleroderma.

Memahami Berbagai Jenis UCD UCD unisentrik, Anda

Scleroderma adalah bentuk kelainan autoimun langka yang mempengaruhi sel darah merah. Orang dengan kondisi ini mungkin mengalami jaringan parut dan penebalan tulang.

Meski ada banyak gejala yang harus diwaspadai pada kondisi ini, belum ada obat untuk menyembuhkannya. Jika Anda merasa mengalami kondisi ini, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk meringankan gejala dan mengontrol perkembangannya.

Untuk gejala yang lebih parah, Anda perlu segera mencari pertolongan medis. Cari pengobatan yang tepat sesegera mungkin karena gejalanya bisa memburuk jika dibiarkan. Anda dapat mencegah kondisi memburuk dengan mengikuti rencana perawatan yang disarankan.

Saat Anda pergi ke dokter, pertama-tama dia akan mengevaluasi gejala Anda dan menentukan apakah Anda memerlukan perhatian medis atau apakah gejala Anda ringan. Dalam kebanyakan kasus, ada beberapa obat yang efektif untuk mengobati penyakit Castleman.

Jika gejala Anda tidak merespons pengobatan yang tepat dengan baik, Anda harus diawasi oleh dokter Anda sampai gejala tersebut hilang. mereka sendiri. Jika kondisi Anda semakin parah, Anda selalu dapat mengambil langkah lain seperti pengobatan, operasi, atau terapi radiasi. yang akan mengobati penyebab kondisi dan bukan hanya gejalanya.

Jangan ragu untuk mencari pertolongan medis. Intervensi dini adalah salah satu metode terbaik untuk mencegah memburuknya kondisi. Penting untuk mempelajari semua yang Anda bisa tentang kondisi tersebut sebelum Anda melakukan sesuatu yang drastis.

Apakah menurut Anda Anda mungkin menderita penyakit Castleman? Kemudian temui dokter Anda segera sehingga dia dapat membantu Anda memastikan bahwa Anda benar-benar menderita penyakit tersebut dan mengetahui tindakan yang tepat untuk Anda. Ingat, kondisi ini bukanlah sesuatu yang Anda harus malu untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda. Dia mungkin bisa meresepkan perawatan yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *