Keterampilan Sosial dan Latihan Membangun Kepercayaan Diri – Cara yang Baik Untuk Mengatasi Pemaksaan

Dalam posting saya sebelumnya saya menunjukkan bahwa beberapa orang yang memiliki harga diri rendah tidak tahu bagaimana mengendalikan impuls mereka dalam situasi sosial dan dalam beberapa kasus mereka sangat takut dengan situasi sosial, dan ini menyebabkan mereka dihambat oleh rasa takut dan khawatir. . Penghambatan pada dasarnya adalah kebalikan dari gairah, keadaan pikiran atau tindakan di mana seseorang mencoba untuk menghindari, atau setidaknya menghambat, situasi atau perilaku tertentu.

Pembalikan kendali, atau penghambatan, dalam psikologi adalah fenomena di mana seseorang mencoba untuk menghindari atau menghalangi suatu tindakan, terutama impuls yang tidak diinginkan yang ingin dia lakukan (misalnya dorongan untuk memukul orang lain dalam kemarahan), dan untuk menghambat tindakan tersebut orang tersebut mencoba untuk memastikan bahwa hal itu tidak terjadi. Misalnya, seseorang yang memiliki harga diri rendah mungkin mencoba menghentikan impulsnya sendiri dengan mengatakan pada dirinya sendiri bahwa dia tidak mampu melakukan itu. Ini disebut penghambatan dan jenis perilaku ini terkait dengan keadaan panik yang dialami ketika Anda tidak dapat menghentikan impuls fisik Anda sendiri.

Jika jenis perilaku ini tidak dikelola secara efektif, dapat menyebabkan masalah sosial yang serius seperti diejek dan ditolak oleh orang lain karena seseorang berusaha mencegah orang lain disakiti olehnya, sehingga menciptakan citra yang sangat buruk tentang orang tersebut. dalam pertanyaan dan dengan demikian mengurangi kepercayaan yang mungkin dimiliki orang tersebut. Di sisi lain, jika seseorang mencoba untuk menghindari terlibat dalam aktivitas sosial apa pun atau mencoba mengendalikan setiap aspek kehidupannya, dia akan menjadi sangat terhambat dan ini dapat mengakibatkan isolasi, frustrasi, dan kemarahan.

Penghambatan sosial bukan hanya tentang menghindari situasi yang dapat menyebabkan penolakan, tetapi juga tentang mencegah Anda melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda lebih diterima atau dikagumi oleh orang lain. Ini adalah cara untuk mengatakan bahwa cara terbaik untuk diterima dan dikagumi oleh orang lain adalah dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli pada mereka dan bahwa Anda menghormati individualitas mereka.

 

Penghambatan juga dapat terlihat dalam situasi seperti berbicara dengan lawan jenis, karena hal pertama yang ingin dilakukan oleh seseorang dengan harga diri rendah adalah berbicara dengan seorang wanita agar diterima. Namun, ketika ini terjadi, orang tersebut mungkin merasa bahwa itu adalah tugasnya untuk membuat gadis itu terkesan dan hasilnya mungkin mereka mencoba untuk memutarbalikkan pembicaraan secara negatif. Ini kemudian akan membuat mereka kehilangan semua rasa hormat terhadap gadis itu.

Contoh lain dari penghambatan adalah bertindak sedemikian rupa untuk mencegah orang lain memperhatikan bahwa Anda cemas tentang situasi tertentu

Namun, jika seseorang dalam kecemasan yang tinggi tentang kinerjanya atau hubungan baru, orang tersebut mungkin merasa bahwa itu adalah tugasnya untuk memberikan kinerja yang lebih rendah atau memberi kesan buruk kepada calon pasangan. Jika ini dilakukan dengan mengabaikan fakta bahwa itu tidak menyenangkan orang lain dan bahkan sering tidak dihargai oleh orang tersebut, situasinya dapat dianggap sebagai contoh penghambatan yang baik. Dalam kasus seperti itu orang tersebut telah mengembangkan kebiasaan terhambat dan inilah yang kita sebut sebagai kondisi penghambatan palsu.

Harga diri yang rendah juga dapat disebabkan oleh seseorang yang merasa bahwa dia belum mencapai cukup atau tidak cukup baik, pada aktivitas apa pun. Hal ini dapat menyebabkan orang tersebut merasa tertekan atau sedih. Orang tersebut mungkin merasa rendah diri atau bahkan malu karena hal ini dan oleh karena itu menjadi cemas tentang apa artinya kurangnya kinerja itu baginya.

Jadi apa solusi untuk orang yang malu dengan harga diri mereka atau yang ingin mengembangkan kepercayaan diri dan mengatasi hambatan mereka? Ini dapat dilakukan dengan melatih keterampilan sosial dan latihan membangun kepercayaan diri. Kegiatan tersebut dapat mencakup ikut serta dalam kompetisi olahraga, bergabung dengan organisasi olahraga, membaca buku self-help, bergabung dengan klub, berbicara di depan umum, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *