Cara Mengobati Meningokokus Bakterial Meningitis

Meningitis bakterialis adalah jenis meningitis yang memiliki masa inkubasi antara dua hingga tiga minggu

Perawatan khas melibatkan antibiotik dan rawat inap. Namun, apa perbedaan antara penyakit meningokokus virus dan penyakit meningokokus bakteri?

Penyakit meningokokus disebabkan oleh bakteri yang disebut grup B Streptococcus. Bakteri ini adalah bagian alami dari tubuh kita, dan jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah demam. Biasanya, gejala muncul selama beberapa hari pertama sakit, tetapi bisa juga muncul berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun kemudian.

Meningoensefalitis bakterialis adalah jenis meningoensefalitis yang memiliki gejala yang lebih mirip dengan meningoensefalitis. Tidak ada demam dan tidak ada bukti bahwa bakteri ada di otak. Gejalanya meliputi:

Gejala yang paling umum dari meningoensefalitis bakteri adalah sakit kepala. Gejala umum lainnya dari meningoensefalitis bakteri termasuk demam, gejala seperti flu, kebingungan, kelelahan, dan/atau malaise. Karena ada gejala yang mirip dengan meningoensefalitis, penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa Anda menderita meningoensefalitis dan bukan penyakit lain.

Meningoensefalitis bakteri sering menyerang anak-anak yang mungkin bermain di kolam renang. Ada kasus di mana penyakit ini ditularkan melalui kolam renang dan kolam renang, jadi ketahuilah di mana anak-anak Anda bermain, terutama ketika mereka masih kecil. Meskipun masa inkubasi meningoensefalitis bakterial dapat berlangsung hingga satu tahun, Anda lebih mungkin mengembangkan meningoensefalitis bakteri sebelum masa inkubasinya.

Salah satu cara yang mungkin untuk terinfeksi meningoensefalitis bakteri adalah dengan menyentuh benda-benda yang kontak dengan orang yang terinfeksi. Namun, jika Anda tidak yakin akan sesuatu, pastikan untuk mencuci tangan dengan baik dan awasi anak Anda setiap saat. Anak-anak dalam perawatan profesional kesehatan anak Anda berisiko terkena bakteri meningoensefalitis melalui mulut atau penularan lainnya.

Kemungkinan cara tertular meningoensefalitis bakteri termasuk kontak langsung dengan seseorang dengan kondisi tersebut, kontak dengan benda atau orang yang telah melakukan kontak dengan seseorang dengan kondisi tersebut, dan perjalanan ke negara-negara di mana anak-anak dan orang dewasa terpengaruh. penyakit ini. Jika Anda memiliki anak, sangat penting untuk memantau mereka dengan cermat dan memberi tahu penyedia layanan jika anak Anda telah terpapar kemungkinan sumber infeksi. Penting untuk tidak menyentuh benda yang digunakan oleh mereka yang berpotensi terkena penyakit ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meningoensefalitis bakterial bisa sangat serius, tetapi ada kemungkinan besar Anda akan dapat mengatasinya dan keluar dari penyakit ini tanpa harus melalui pengobatan. Ada banyak obat yang tersedia yang dapat membantu melawan bakteri ini, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh sakit karena bakteri ini. Jika Anda terkena infeksi ini, Anda harus mencari perhatian medis dan segera memeriksakan diri agar dokter Anda dapat merekomendasikan pengobatan terbaik.

Meskipun masa inkubasi meningokokus meningoensefalitis dapat berkisar antara dua hingga enam minggu, Anda mungkin saja terinfeksi bakteri selama waktu tersebut. Jika Anda tertular bakteri ini, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda sehingga mereka dapat merawat Anda dengan benar untuk meningoensefalitis meningokokus bakteri.

Anda juga harus menggunakan obat antibiotik segera setelah Anda didiagnosis dengan infeksi sehingga tubuh Anda dirawat dengan baik. Antibiotik dapat mencegah bakteri untuk berkembang biak dan tumbuh dan dapat diberikan melalui suntikan atau melalui infus.

Jika Anda memiliki gejala meningokokus meningoensefalitis seperti demam, menggigil, sakit kepala, atau nyeri otot dan sendi, Anda harus menemui dokter Anda sesegera mungkin. Gejala-gejala ini dapat menandakan timbulnya meningokokus meningoensefalitis dan menyebabkan komplikasi jika tidak diobati.

Obat antibiotik dan obat yang diresepkan untuk meningitis bakteri hanya direkomendasikan untuk wanita dan bayi, karena antibiotik dapat menyebabkan efek samping. Jika Anda memiliki anak kecil yang menderita penyakit ini, penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk menghindari komplikasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *