Bagaimana Saya Tahu Saya Memiliki Penyakit Tiroid?

Penyakit tiroid, juga dikenal sebagai tiroid yang terlalu aktif, adalah suatu kondisi yang bisa sangat sulit untuk diobati. Kelenjar tiroid adalah organ tubuh yang menghasilkan hormon yang membuat tubuh Anda berfungsi dengan baik. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin, yang mengatur metabolisme Anda dan membantu mengontrol jumlah energi yang digunakan tubuh Anda setiap hari. Kelenjar tiroid Anda mengeluarkan hormon tiroid TSH, yang pada gilirannya mengontrol produksi dan pelepasan hormon-hormon penting ini di tiroid.

Jika tiroid Anda kurang aktif, atau kurang memproduksi tiroksin, maka Anda menderita hipotiroidisme, yang hilang ketika tingkat tiroid Anda mulai meningkat lagi. Jika tiroid Anda terlalu aktif atau memproduksi terlalu banyak hormon tiroid, maka Anda mungkin mengalami hipertiroidisme yang terlalu aktif, yang menyebabkan gejala seperti detak jantung yang cepat, berkeringat, gemetar dan mual. Dokter Anda akan dapat menentukan jenis gangguan tiroid yang Anda miliki berdasarkan gejala Anda.

Gejala hipotiroidisme tidak sama dengan gejala hipertiroidisme, sehingga kedua jenis tersebut terkadang dapat dikacaukan. Pasien hipotiroid tidak memiliki tanda-tanda kelelahan, penambahan berat badan, sembelit, jantung berdebar-debar, kram otot atau kehilangan nafsu makan. Pasien hipertiroid biasanya mengalami gejala yang sama, tetapi lebih cenderung mengalami kenaikan berat badan, berkeringat, dan lemas. Terkadang, gejala hipertiroidisme disalahartikan sebagai gejala hipotiroidisme, yang dapat mempersulit diagnosis masalah. Beberapa dokter tiroid akan merujuk pasien mereka ke spesialis tiroid, yang merupakan dokter yang mengkhususkan diri dalam masalah tiroid.

Spesialis tiroid akan memeriksa tes dokter Anda dan melakukan tes tambahan pada tubuh Anda untuk menentukan pengobatan terbaik untuk gejala Anda. Dokter akan merekomendasikan tindakan spesifik untuk setiap pasien, yang meliputi:

Perawatan akan diberikan kepada pasien dengan kelenjar tiroid yang terlalu aktif dan pasien dengan kelenjar tiroid yang kurang aktif. Jika dokter Anda memutuskan untuk menggunakan obat untuk mengobati gejala hipotiroidisme, maka obat akan diambil untuk memperbaiki gejala Anda dan kelenjar tiroid tidak akan diangkat sampai gejala Anda terkendali.

Dalam beberapa kasus, pembedahan untuk mengangkat kelenjar tiroid mungkin diperlukan. Terkadang, jika pembedahan diperlukan, pembedahan dilakukan untuk memperbaiki kelenjar Anda yang terlalu aktif atau terlalu aktif.

Obat hanya boleh diresepkan untuk pasien yang tidak dapat mentolerir pengobatan. Gejalanya bisa sangat serius dan bisa menyebabkan komplikasi jika obatnya diminum dalam waktu lama. Banyak pasien juga perlu minum obat dosis kedua atau ketiga untuk membantu mereka mengelola gejalanya.

Gangguan tiroid dapat diobati dengan terapi sulih hormon atau hormon sintetis. Hormon sintetik ini dapat digunakan untuk waktu yang lama, tetapi tidak akan memperbaiki kondisi dalam semalam. Ada obat lain yang juga dapat digunakan untuk mengobati gejala hipotiroidisme dan hipertiroidisme, tetapi obat tersebut tidak boleh digunakan lebih dari enam bulan sekaligus karena dapat menyebabkan kerusakan tiroid lebih lanjut.

Dokter tiroid Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda cocok untuk perawatan atau pembedahan, dan efek samping apa yang mungkin Anda temui saat memilih perawatan Anda. Dia juga akan dapat menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Kanker tiroid adalah masalah serius lain yang dapat terjadi ketika kelenjar tiroid memproduksi hormon secara berlebihan. Tidak ada obat yang diketahui untuk jenis kanker ini, tetapi ada cara untuk mencegahnya terjadi.

Pengobatan untuk hipotiroidisme dan hipertiroidisme akan sering melibatkan perubahan gaya hidup, serta pengobatan. untuk mengontrol kadar hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid Anda.

Dokter Anda akan dapat memberi Anda dosis obat yang tepat, tetapi terserah Anda untuk memantau kadar hormon yang diproduksi oleh tiroid Anda dan mengikuti program untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah hormon yang tepat untuk menjaga kesehatan Anda. produksi tubuh. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat mengontrol gejala kondisi Anda, dan akan dapat mengontrol penyakit Anda dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *