Bagaimana DKA Mempengaruhi Gula Darah Anda?

Ketoasidosis diabetik adalah kondisi yang sangat berbahaya yang mempengaruhi orang yang telah mengembangkan diabetes. Ini terjadi ketika pankreas mulai memecah keton dalam kecepatan yang sangat cepat. Pankreas kemudian memproduksi terlalu banyak insulin untuk menangani semua glukosa dalam aliran darah. Hasilnya adalah ketosis, suatu kondisi di mana otak mengirimkan sinyal ke tubuh Anda untuk beralih dari pembakaran gula ke pembakaran keton.

Keton tidak berbahaya bagi tubuh karena diproduksi dalam jumlah kecil. Mereka menyebabkan lambung memproduksi lebih banyak asam sehingga kemampuan lambung untuk mencerna makanan terganggu sehingga menimbulkan gejala yang terjadi selama DKA. Keton bisa berbahaya bagi tubuh Anda jika berkembang dalam jumlah yang cukup tinggi. Dalam beberapa kasus, ketosis menyebabkan kematian. Kondisi ini dikenal sebagai koma diabetik, ketoasidosis diabetik, asam keto diabetik, ketoalbumosis diabetik atau asam keto.

Gejala DKA dapat mencakup kehilangan kesadaran, kejang, dan koma. Efek ketosis dapat muncul dalam beberapa menit atau dalam jangka waktu yang lama, tetapi biasanya muncul secara perlahan. Gejala ketoasidosis dapat terjadi secara tiba-tiba setelah beberapa minggu diet normal dan olahraga. Penderita DKA biasanya sangat haus, lemah, dan umumnya merasa tidak enak meski hanya makan karbohidrat. Gejala juga termasuk sering buang air kecil, mual, pusing, kelemahan, kehilangan kontrol otot, kebingungan, dan halusinasi.

Jika Anda berpikir Anda mungkin mengembangkan DKA, segera dapatkan bantuan medis. Dokter Anda akan mengevaluasi Anda dan meresepkan perawatan yang tepat untuk kondisi Anda.

Langkah pertama untuk mengobati gejala DKA adalah mengontrol kadar darah. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk memulai diet rendah gula. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat untuk menurunkan glukosa darah. Anda mungkin perlu minum obat selama satu hingga tiga minggu sebelum Anda merasa lebih baik, dan mungkin perlu waktu hingga enam bulan agar situasinya membaik. Dokter Anda akan membantu Anda menentukan jumlah obat yang Anda butuhkan berdasarkan berat badan, tinggi badan, penambahan berat badan, gula darah, dan kondisi lain yang dapat memengaruhi kesehatan Anda.

 

Anda mungkin diminta untuk mengubah gaya hidup Anda sehingga Anda dapat melacak kadar gula darah Anda tanpa pengawasan dokter Anda

Perubahan gaya hidup Anda termasuk menghindari karbohidrat, meningkatkan olahraga dan menghindari alkohol. Juga, Anda harus meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda dan mengurangi jumlah protein Anda. Ini membantu mencegah tubuh Anda memproduksi terlalu banyak keton.

Dokter Anda mungkin menyarankan rencana diet diabetes untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Diet ini akan membantu Anda menghindari makanan yang bisa memicu DKA. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan obat-obatan yang membantu mengendalikan nafsu makan Anda. Obat-obat ini biasanya diminum untuk waktu yang singkat, biasanya antara dua sampai lima hari.

Seorang dokter harus mengambil beberapa jenis tes untuk menentukan apa yang menyebabkan gejala ketosis Anda. Tes mungkin termasuk tes darah dan tes khusus, seperti indeks glikemik.

Ada beberapa komplikasi serius yang dapat terjadi dari ketosis, termasuk dehidrasi parah, gagal ginjal, dan koma. Penting untuk mengenali dan memperbaiki masalah apa pun yang berkembang selama perawatan Anda.

Cari perawatan medis segera jika Anda mengembangkan gejala yang tidak merespon pengobatan standar. Jika Anda sudah mengalami komplikasi, temui dokter Anda sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan permanen pada ginjal, hati, dan organ lainnya. Cari pertolongan medis sesegera mungkin karena komplikasi serius mungkin memerlukan operasi darurat dan pilihan perawatan lainnya.

Setelah dokter Anda memberi Anda OK, mulailah dengan diet Anda, dan tetap dengan itu. Rencana ini mungkin memakan waktu, tetapi penting bagi Anda untuk menaatinya.

Jika Anda menemukan bahwa kadar gula darah Anda tetap dalam kisaran normal, lanjutkan dengan rencana Anda. Dokter Anda akan membantu Anda memantau kemajuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *