Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Guide Masuk Kampus Negeri


Rabu, 27 April 2016

Kali ini, Sarjana.co.id mau men­je­laskan beber­a­pa jalur masuk ke prodi S1 Reg­uler di Per­gu­ru­an Tinggi Negeri (PTN). Wajib dis­i­mak!

  1. Jalur Undan­gan / SNMPTN (Selek­si Nasion­al Masuk Per­gu­ru­an Tinggi Negeri)

Pelu­ang:
* Kur­si yang ditawarkan adalah 50% dari total kuo­ta S1 Reg­uler.
* Semak­in kin­c­long nilai dan prestasi kamu sela­ma di SMA (mulai dari kelas 10 sam­pai 12), semak­in besar juga pelu­ang­mu untuk diter­i­ma. Selain itu, per­for­ma seko­lah kamu juga bakal dini­lai, lho! Itu­lah kena­pa pent­ing memil­ih SMA/SMK yang oke, demi pelu­ang men­da­p­atkan jalur undan­gan masuk PTN kelak.
* “Kalau rapor saya war­na-warni nggak karu­an alias banyak mer­ah­nya gimana, Kak?” Sori, sob, berar­ti pelu­ang kamu di jalur undan­gan ini lebih tip­is dari rem­peyek. Tapi ten­ang, masih ada jalur masuk PTN lain­nya, yaitu­uu…

  1. SBMPTN (Selek­si Bersama Masuk Per­gu­ru­an Tinggi Negeri)

Dulu, SNMPTN ser­ing ketuk­er den­gan SBMPTN , soal­nya awal­nya namanya sama-sama SNMPTN. Hanya yang satu berna­ma SNMPTN Jalur Undan­gan, semen­tara yang satu lagi SNMPTN Ujian Ter­tulis. Supaya nggak bin­gung atau ter­tukar, SNMPTN ver­si ujian ter­tulis pun digan­ti namanya men­jadi SBMPTN.

Pada SBMPTN, ada tiga hal yang di-ujian-kan lho gaes:

*Kalau kamu mengam­bil juru­san IPC (bidang juru­san IPA-IPS), berar­ti kamu wajib mengiku­ti SEMUA tes­nya. Pecyah, sooob…! Semen­tara kalau kamu mau masuk juru­san seni atau olahra­ga, akan ada ujian keter­ampi­lan tersendiri.
* Juru­san yang bisa kamu pil­ih mak­si­mal tiga, dan salah sat­un­ya wajib ada di PTN yang berada di kota tem­pat kamu mengiku­ti tes SBMPTN.

Pelu­ang:
* Kur­si yang ditawarkan adalah 30% dari total kuo­ta S1 Reg­uler.
* Kalau kamu sudah lulus SMA/SMK 1–2 tahun lalu, kamu masih boleh iku­tan SBMPTN tahun ini.
* It’s do or die! Rangka­ian tes SBMPTN yang berlang­sung sekali­gus dalam satu hari ini menen­tukan kamu diter­i­ma atau nggak di PTN pil­i­han­mu. No pres­sure, lho, cuma no… dong, ajeh!

  1. Ujian Mandiri

Pelu­ang:
* Kur­si yang ditawarkan adalah 20% dari total kuo­ta S1 Reg­uler.
* Ujian mandiri ini safe­ty net ter­akhir bagi calon maha­siswa yang ing­in masuk pro­gram S1 Reg­uler di PTN, apalagi kare­na wak­tu pendaf­taran dan jad­wal tes­nya pun biasanya pal­ing belakan­gan.
* Biasanya, sih, ujian mandiri akan mem­berikan tam­ba­han pil­i­han pro­gram lain (non-reg­uler dan vokasi).

***

Yak, begi­t­u­lah kira-kira berba­gai jalur untuk masuk PTN.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi