Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

8 Keahlian Penting Buat Mahasiswa


Minggu, 17 April 2016

Sukses di dunia kuliah, gimana ya caranya? Pastinya jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMA. Mulai dari gaya dosen menyampaikan materi, proses mengerjakan tugas individu atau kelompok, partisipasi di kelas, sampai mencari koneksi baru. Untuk itu kamu butuh keahlian-keahlian ini :
 

1. Friendly & Flexible

Berpikiran terbuka itu penting. Semasa kuliah, tentunya kita akan melihat banyak perbedaan pendapat dan kebiasaan hidup antar mahasiswa. Kamu akan terbiasa bertemu dengan teman-teman dari berbagai latar belakang – dari Sabang sampai Merauke. Manfaatkan kesempatan unik ini untuk mengenal kebudayaan dan kebiasaan teman-teman baru dari berbagai daerah dan berbaur bersama mereka!
 

2. Adaptasi

Dunia kampus sudah tentu sangat berbeda dengan lingkungan SMA. Bagi para perantau, sebulan pertama meninggalkan rumah akan terasa sangat berat. Nah disini kamu dituntut untuk peka terhadap semua perubahan yang ada agar kamu bisa survive untuk hidup mandiri. Kamu harus pintar beradaptasi dengan lingkungan baru, budaya baru, iklim baru dan semua hal baru yang belum pernah kamu banyangkan. Pada saat kamu bisa beradaptasi dengan mudah kamu akan dengan bangga bilang ke diri kamu masing-masing “gue anak rantau!!”
 

3. Tahan Banting

Culture shock dan homesick adalah tantangan awal untuk sebagian besar mahasiswa. Pertama kalinya hidup di tempat kos. Sulit mengikuti gaya mengajar dosen dan kurikulum. Tenang! Ini kesempatan buat kamu menguji ketahanan diri. Untuk tantangan akademik, cari teman-teman yang mau belajar bareng atau layanan buat mahasiswa melalui DPA (Dosen Pembimbing Akademik). Kalau sulit membagi waktu, karena banyak banget tanggung jawab sehari-hari seperti cuci baju, cari makanan dan belajar, pastikan kamu buat to-do list yang mudah diikuti. Percayalah bahwa semua ada solusinya!
 

4. Melek Teknologi

Di era global seperti ini mayoritas siswa SMA sudah memiliki gadget canggih. Teknologi ini harus kalian gunakan untuk kegiatan sehari-hari kalian di kampus. Microsoft Office – Word, Excel dan Powerpoint — tentu saja jadi yang paling utama, untuk mengerjakan tugas-tugas. Cara belajar yang paling gampang dan gratis adalah Youtube dan Google. Banyak sekali video di Youtube yang memberikan tutorial gratis dan mudah dimengerti (sekalian asah Bahasa Inggris kalian). Untuk trik-trik cepat, tentu saja cari di Google.
 

5. Cari Komunitas

Ketika kuliah bukan nilai/IPK aja guys yang penting. Kampus adalah tempat dimana kamu bisa belajar banyak hal bukan hanya soal akademik saja. Kamu bisa melatih kemampuan interpersonal kamu seperti kepemimpinan, komunikasi, berinisiatif, mampu mengatasi konflik dan lainnya. Keahlian interpersonal atau yang biasa disebut soft skill bisa kamu dapatkan dengan mengikuti beberapa organisasi kemahasiswaan dikampus seperti HIMA (Himpunan Mahasiswa) di tingkat jurusan, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ditingkat fakultas atau universitas serta UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sesuai dengan passion atau bidang yang kamu sukai.
 

6. Menjadi anggota kelompok yang handal

Sewaktu kuliah banyak sekali tugas berkelompok. Bukan karena tugas ini tidak bisa diselesaikan sendiri, tapi dosen memang ingin melatih kemampuan bekerja kelompok mahasiswa, dimana mereka bisa membagi tugas, menyelesaikan tanggung jawab, dan yang paling penting, belajar manage kelompok. Kalian tidak boleh hanya mengandalkan satu dua orang, tapi cobalah untuk mengambil inisiatif, dan sebagai leader semua anggota tim memberikan kontribusi.
 

7. Bisa membaca situasi

Orang bijaksana bisa membaca situasi, sehingga mereka bisa mengajar atau bahkan memimpin. Sedangkan orang yang tidak menyadari apa yang sedang terjadi hanya bisa ikut arus. Kemampuan ini akan sangat berharga pada saat memasuki realita dunia kerja, dimana atasan atau orang di sekitar kita tidak akan memberitahukan dengan jelas apa yang sebaiknya kita lakukan. Misalnya waktu teman-teman kamu ricuh berebut anggota kelompok untuk melaksanakan tugas dari Dosen hingga mengganggu kelas lain. Maka bagi kamu yang peka dan cerdas membaca situasi, pilih diam dan cuek atau ambil alih perhatian kelas untuk memimpin pembagian kelompok yang adil?
 

8. Memanfaatkan kesempatan

Kuliah adalah persiapan memasuki dunia kerja, sehingga memanfaatkan waktu ini dengan baik untuk membangun koneksi, baik dengan dosen, atau dengan atasan sewaktu magang, biar nantinya lebih gampang menemukan pekerjaan. Jangan segan-segan untuk ikut berbagai macam pelatihan yang ada, apalagi yang gratis. Yakinlah ilmu dan sertifikat pelatihan yang kalian dapat pasti akan sangat berguna saat kalian lulus nanti.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 45
Yesterday: 112
This Week: 544
Last Week: 845
This Month: 1033
Last Month: 22042
Total: 836039
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi