Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

8 Keahlian Penting Buat Mahasiswa


Minggu, 17 April 2016

Suk­ses di dunia kuli­ah, gimana ya caranya? Pastinya jauh berbe­da den­gan kehidu­pan sewak­tu SMA. Mulai dari gaya dosen menyam­paikan materi, pros­es menger­jakan tugas indi­vidu atau kelom­pok, par­tisi­pasi di kelas, sam­pai men­cari konek­si baru. Untuk itu kamu butuh keahlian-keahlian ini :
 

1. Friendly & Flexible

Berpiki­ran ter­buka itu pent­ing. Semasa kuli­ah, ten­tun­ya kita akan meli­hat banyak perbe­daan pen­da­p­at dan kebi­asaan hidup antar maha­siswa. Kamu akan ter­biasa berte­mu den­gan teman-teman dari berba­gai latar belakang – dari Sabang sam­pai Mer­auke. Man­faatkan kesem­patan unik ini untuk men­ge­nal kebu­dayaan dan kebi­asaan teman-teman baru dari berba­gai daer­ah dan berbaur bersama mereka!
 

2. Adaptasi

Dunia kam­pus sudah ten­tu san­gat berbe­da den­gan lingkun­gan SMA. Bagi para per­an­tau, sebu­lan per­ta­ma mening­galkan rumah akan terasa san­gat berat. Nah disini kamu ditun­tut untuk peka ter­hadap semua peruba­han yang ada agar kamu bisa sur­vive untuk hidup mandiri. Kamu harus pin­tar beradap­tasi den­gan lingkun­gan baru, budaya baru, iklim baru dan semua hal baru yang belum per­nah kamu banyangkan. Pada saat kamu bisa beradap­tasi den­gan mudah kamu akan den­gan bang­ga bilang ke diri kamu mas­ing-mas­ing “gue anak rantau!!”
 

3. Tahan Banting

Cul­ture shock dan home­sick adalah tan­ta­n­gan awal untuk seba­gian besar maha­siswa. Per­ta­ma kalinya hidup di tem­pat kos. Sulit mengiku­ti gaya men­ga­jar dosen dan kuriku­lum. Ten­ang! Ini kesem­patan buat kamu men­gu­ji keta­hanan diri. Untuk tan­ta­n­gan akademik, cari teman-teman yang mau bela­jar bareng atau layanan buat maha­siswa melalui DPA (Dosen Pem­bimb­ing Akademik). Kalau sulit mem­bagi wak­tu, kare­na banyak banget tang­gung jawab sehari-hari seper­ti cuci baju, cari makanan dan bela­jar, pastikan kamu buat to-do list yang mudah diiku­ti. Per­cay­alah bah­wa semua ada solusinya!
 

4. Melek Teknologi

Di era glob­al seper­ti ini may­ori­tas siswa SMA sudah memi­liki gad­get cang­gih. Teknologi ini harus kalian gunakan untuk kegiatan sehari-hari kalian di kam­pus. Microsoft Office – Word, Excel dan Pow­er­point — ten­tu saja jadi yang pal­ing uta­ma, untuk menger­jakan tugas-tugas. Cara bela­jar yang pal­ing gam­pang dan gratis adalah Youtube dan Google. Banyak sekali video di Youtube yang mem­berikan tuto­ri­al gratis dan mudah dimenger­ti (sekalian asah Bahasa Ing­gris kalian). Untuk trik-trik cepat, ten­tu saja cari di Google.
 

5. Cari Komunitas

Ketika kuli­ah bukan nilai/IPK aja guys yang pent­ing. Kam­pus adalah tem­pat dimana kamu bisa bela­jar banyak hal bukan hanya soal akademik saja. Kamu bisa melatih kemam­puan inter­per­son­al kamu seper­ti kepemimp­inan, komu­nikasi, berin­isi­at­if, mam­pu men­gatasi kon­flik dan lain­nya. Keahlian inter­per­son­al atau yang biasa dise­but soft skill bisa kamu dap­atkan den­gan mengiku­ti beber­a­pa organ­isasi kema­ha­siswaan dikam­pus seper­ti HIMA (Him­punan Maha­siswa) di tingkat juru­san, BEM (Badan Ekseku­tif Maha­siswa) dit­ingkat fakul­tas atau uni­ver­si­tas ser­ta UKM (Unit Kegiatan Maha­siswa) sesuai den­gan pas­sion atau bidang yang kamu sukai.
 

6. Menjadi anggota kelompok yang handal

Sewak­tu kuli­ah banyak sekali tugas berkelom­pok. Bukan kare­na tugas ini tidak bisa dis­e­le­saikan sendiri, tapi dosen memang ing­in melatih kemam­puan bek­er­ja kelom­pok maha­siswa, dimana mereka bisa mem­bagi tugas, menye­le­saikan tang­gung jawab, dan yang pal­ing pent­ing, bela­jar man­age kelom­pok. Kalian tidak boleh hanya men­gan­dalkan satu dua orang, tapi cobal­ah untuk mengam­bil inisi­at­if, dan seba­gai lead­er semua anggota tim mem­berikan kon­tribusi.
 

7. Bisa membaca situasi

Orang bijak­sana bisa mem­ba­ca situ­asi, sehing­ga mereka bisa men­ga­jar atau bahkan memimp­in. Sedan­gkan orang yang tidak menyadari apa yang sedang ter­jadi hanya bisa ikut arus. Kemam­puan ini akan san­gat berhar­ga pada saat mema­suki real­i­ta dunia ker­ja, dimana atasan atau orang di sek­i­tar kita tidak akan mem­ber­i­tahukan den­gan jelas apa yang sebaiknya kita lakukan. Mis­al­nya wak­tu teman-teman kamu ricuh bere­but anggota kelom­pok untuk melak­sanakan tugas dari Dosen hing­ga meng­gang­gu kelas lain. Maka bagi kamu yang peka dan cer­das mem­ba­ca situ­asi, pil­ih diam dan cuek atau ambil alih per­ha­tian kelas untuk memimp­in pem­ba­gian kelom­pok yang adil?
 

8. Memanfaatkan kesempatan

Kuli­ah adalah per­si­a­pan mema­suki dunia ker­ja, sehing­ga meman­faatkan wak­tu ini den­gan baik untuk mem­ban­gun konek­si, baik den­gan dosen, atau den­gan atasan sewak­tu mag­a­ng, biar nan­ti­nya lebih gam­pang men­e­mukan peker­jaan. Jan­gan segan-segan untuk ikut berba­gai macam pelati­han yang ada, apalagi yang gratis. Yakin­lah ilmu dan ser­ti­fikat pelati­han yang kalian dap­at pasti akan san­gat bergu­na saat kalian lulus nan­ti.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi