Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Tips Menghadapi Masa Orientasi


Selasa, 28 Juli 2015

pm1nwnTP1u

 

Berpikir Positif

Jangan takut dan memikirkan hal-hal buruk yang belum terjadi. Di generasi sebelum kalian, Masa Orientasi Siswa (MOS) dikenal sebagai proses “perpeloncoan” yang berat dan kurang mendidik. Tetapi sekarang mayoritas sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi pengalaman yang manis buat kamu — sebutan barunya adalah Layanan Orientasi Siswa (LOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB). Penting untuk kalian berpikir positif bahwa kegiatan tersebut memberikan manfaat agar kalian lebih mengenal sekolah atau kampus dan para penghuninya. Walaupun berhadapan dengan kakak-kakak panitia MOS yang galak, kamu harus tetap sabar dan tangguh!

 

Perhatikan Aturan dan Tata Tertib

Taat pangkal sukses. Aturan apa pun yang ditetapkan selama MOS berlangsung, kamu perhatikan baik-baik. Seringkali MOS masih mengharuskan membawa barang-barang yang aneh dan unik. Jangan kaget! Ini untuk mengasah kreatifitas dan rasa percaya diri kamu.

 

Perbanyak Teman

Tidak ada salahnya kan kamu menyapa duluan dan mengajak berkenalan. Cari teman sebanyak mungkin agar dapat saling mengingatkan apa yang perlu dibawa dan sharing jadwal. Hal ini dapat meminimalisir kecerobohan yang mungkin dilakukan saat MOS. Teman juga dapat membuat kita merasa nyaman karena berada dalam posisi yang sama.

 

Bawa Barang Seperlunya

Jangan bawa terlalu banyak barang dan barang-barang yang tidak perlu. Yang penting bawa tas dan kartu identitas serta barang-barang yang tertulis dalam aturan untuk dibawa saat MOS. Bawa uang secukupnya dan gadget seperlunya, disimpan di dalam tas yang aman.

 

Bawa Bekal Makanan & Minuman

Penting sekali untuk membawa air minum dan makanan yang cukup. MOS akan berlangsung seharian di sekolah/kampus. Setelah berpanas-panasan dijemur oleh kakak panitia, air minum yang segar akan bantu kamu untuk tetap sadar, dan makanan yang berprotein tinggi harus dibawa untuk kondisi yang fit selama MOS.

 

Good luck, pejuang-pejuang muda Indonesia!


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.5%Indonesia Indonesia
2.1%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.3%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 41
Yesterday: 122
This Week: 163
Last Week: 845
This Month: 652
Last Month: 22042
Total: 835658
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi