Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Tips Menghadapi Masa Orientasi


Selasa, 28 Juli 2015

pm1nwnTP1u

 

Berpikir Positif

Jan­gan takut dan memikirkan hal-hal buruk yang belum ter­jadi. Di gen­erasi sebelum kalian, Masa Ori­en­tasi Siswa (MOS) dike­nal seba­gai pros­es “per­pelon­coan” yang berat dan kurang men­didik. Tetapi sekarang may­ori­tas sudah dimod­i­fikasi sedemikian rupa sehing­ga men­jadi pen­gala­man yang man­is buat kamu — sebu­tan barun­ya adalah Layanan Ori­en­tasi Siswa (LOS) atau Masa Ori­en­tasi Peser­ta Didik Baru (MOPDB). Pent­ing untuk kalian berpikir posi­tif bah­wa kegiatan terse­but mem­berikan man­faat agar kalian lebih men­ge­nal seko­lah atau kam­pus dan para penghuninya. Walaupun berhada­pan den­gan kakak-kakak pani­tia MOS yang galak, kamu harus tetap sabar dan tang­guh!

 

Perhatikan Aturan dan Tata Tertib

Taat pangkal suk­ses. Atu­ran apa pun yang dite­tap­kan sela­ma MOS berlang­sung, kamu per­hatikan baik-baik. Ser­ingkali MOS masih meng­haruskan mem­bawa barang-barang yang aneh dan unik. Jan­gan kaget! Ini untuk men­gasah kre­at­i­fi­tas dan rasa per­caya diri kamu.

 

Perbanyak Teman

Tidak ada salah­nya kan kamu menya­pa dulu­an dan men­ga­jak berke­nalan. Cari teman sebanyak mungk­in agar dap­at sal­ing mengin­gatkan apa yang per­lu dibawa dan shar­ing jad­wal. Hal ini dap­at mem­i­ni­mal­isir kecer­obo­han yang mungk­in dilakukan saat MOS. Teman juga dap­at mem­bu­at kita merasa nya­man kare­na berada dalam posisi yang sama.

 

Bawa Barang Seperlunya

Jan­gan bawa ter­lalu banyak barang dan barang-barang yang tidak per­lu. Yang pent­ing bawa tas dan kar­tu iden­ti­tas ser­ta barang-barang yang ter­tulis dalam atu­ran untuk dibawa saat MOS. Bawa uang secukup­nya dan gad­get seper­lun­ya, dis­im­pan di dalam tas yang aman.

 

Bawa Bekal Makanan & Minuman

Pent­ing sekali untuk mem­bawa air minum dan makanan yang cukup. MOS akan berlang­sung sehar­i­an di sekolah/kampus. Sete­lah berpanas-panasan dije­mur oleh kakak pani­tia, air minum yang segar akan ban­tu kamu untuk tetap sadar, dan makanan yang berpro­tein tinggi harus dibawa untuk kon­disi yang fit sela­ma MOS.

 

Good luck, pejuang-pejuang muda Indone­sia!


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi