Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Tips Mahasiswa Baru Menghadapi Dunia Kuliah


Kamis, 9 Juli 2015

1. Cintai Jurusanmu

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah: menyukai apa yang telah menjadi pilihanmu! Mungkin kamu tidak terlalu suka karena jurusan tersebut pilihan orang tua. Tapi coba lihat lebih dekat, orang tuamu ingin yang terbaik buatmu kan. Semua jurusan itu baik, asal dipelajari dengan serius, semangat dan dibumbui perasaan senang. Love what you learn, and learn what you love!

Sarjana banner copy

 

2. Mandiri & Jadi Diri Sendiri

Ingat, sudah bukan siswa lagi ya, tapi mahasiswa. Mahasiswa diharuskan mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari dikampus dan perkuliahan. Tidak ada guru yang akan selalu mengingatkan seperti saat SMA. Apa yang kamu lakukan menjadi tanggung jawabmu masing-masing. Jangan sampai terpengaruh oleh lingkugan yang negatif. Tetaplah jadi diri sendiri dan bawa aura positif di lingkunganmu!

be-yourself

 

3. Pandai “Pilih” Teman Baru

Pernah dengar kan kalau lingkungan mempengaruhi kesuksesanmu? Nah, teman yang baik dan bersemangat tentu akan membawamu pada keberhasilan di kampus. Banyak lho mahasiswa yang tidak memanfaatkan masa kuliah dengan baik dan lebih banyak bermain serta bergaul yang kurang positif. Maka, sangat penting untuk “memilih” teman yang akan memberikan dampak positif pada keseharianmu di kampus. Usahakan cari teman dari jurusan lain juga ya. Banyak teman, banyak silaturahmi dan panjang umur!

 

4. Tentukan Targetmu

IP atau Indeks Prestasi adalah nilai capaianmu saat kuliah. IP merupakan standar yang dapat digunakan untuk melamar kerja. Ketahuilan bahwa standar pelamar di perusahaan setidaknya memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 2.75 dari total 4.00. Tentukan target IP mu mulai sekarang, usahakan diatas 3.00 agar aman. Gimana caranya dapat IP yang tinggi? Jangan suka bolos mata kuliah, kerjakan semua tugas dengan baik, belajar giat untuk UTS dan UAS, dan senyum ramah pada dosen!

target.business.setting

 

5. Say No To KUPU-KUPU

Jadilah mahasiswa yang aktif. Jangan sampai jadi mahasiswa KUPU-KUPU (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang). Ikutilah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang disediakan oleh kampus yang sesuai dengan minatmu. Seperti misalnya UKM tari, paduan suara, pencak silat, basket, futsal, riset, film, fotografi, dan lain-lain. Manfaat mengikuti UKM adalah kamu bisa dapat teman baru dari berbagai jurusan, dapat pengalaman baru dan menambah wawasan. Kalau ada acara kumpul-kumpul yang sifatnya positif dan silaturahmi, tidak ada salahnya kan kamu ikut. Ikuti semunar-seminar yang diadakan kampus, sertifikatnya bisa jadi sangat berguna di masa depan.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.8%Indonesia Indonesia
1.9%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%Netherlands Netherlands

Today: 82
Yesterday: 124
This Week: 816
Last Week: 986
This Month: 460
Last Month: 22042
Total: 835466
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi