Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Tips Mahasiswa Baru Menghadapi Dunia Kuliah


Kamis, 9 Juli 2015

1. Cintai Jurusanmu

Langkah per­ta­ma yang wajib kamu lakukan adalah: menyukai apa yang telah men­jadi pil­i­han­mu! Mungk­in kamu tidak ter­lalu suka kare­na juru­san terse­but pil­i­han orang tua. Tapi coba lihat lebih dekat, orang tua­mu ing­in yang ter­baik buat­mu kan. Semua juru­san itu baik, asal dipela­jari den­gan serius, seman­gat dan dibum­bui perasaan senang. Love what you learn, and learn what you love!

Sarjana banner copy

 

2. Mandiri & Jadi Diri Sendiri

Ingat, sudah bukan siswa lagi ya, tapi maha­siswa. Maha­siswa diharuskan mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari dikam­pus dan perku­li­a­han. Tidak ada guru yang akan selalu mengin­gatkan seper­ti saat SMA. Apa yang kamu lakukan men­jadi tang­gung jawab­mu mas­ing-mas­ing. Jan­gan sam­pai ter­pen­garuh oleh lingku­gan yang negat­if. Teta­plah jadi diri sendiri dan bawa aura posi­tif di lingkun­gan­mu!

be-yourself

 

3. Pandai “Pilih” Teman Baru

Per­nah den­gar kan kalau lingkun­gan mem­pen­garuhi kesuk­sesan­mu? Nah, teman yang baik dan berse­man­gat ten­tu akan mem­bawa­mu pada keber­hasi­lan di kam­pus. Banyak lho maha­siswa yang tidak meman­faatkan masa kuli­ah den­gan baik dan lebih banyak bermain ser­ta bergaul yang kurang posi­tif. Maka, san­gat pent­ing untuk “memil­ih” teman yang akan mem­berikan dampak posi­tif pada kese­har­i­an­mu di kam­pus. Usa­hakan cari teman dari juru­san lain juga ya. Banyak teman, banyak silat­u­rah­mi dan pan­jang umur!

 

4. Tentukan Targetmu

IP atau Indeks Prestasi adalah nilai capa­ian­mu saat kuli­ah. IP meru­pakan stan­dar yang dap­at digu­nakan untuk mela­mar ker­ja. Ketahuilan bah­wa stan­dar pela­mar di perusa­haan seti­daknya memi­liki IPK (Indeks Prestasi Kumu­lat­if) 2.75 dari total 4.00. Ten­tukan tar­get IP mu mulai sekarang, usa­hakan diatas 3.00 agar aman. Gimana caranya dap­at IP yang tinggi? Jan­gan suka bolos mata kuli­ah, ker­jakan semua tugas den­gan baik, bela­jar giat untuk UTS dan UAS, dan senyum ramah pada dosen!

target.business.setting

 

5. Say No To KUPU-KUPU

Jadi­lah maha­siswa yang aktif. Jan­gan sam­pai jadi maha­siswa KUPU-KUPU (Kuli­ah Pulang – Kuli­ah Pulang). Iku­ti­lah UKM (Unit Kegiatan Maha­siswa) yang dise­di­akan oleh kam­pus yang sesuai den­gan minat­mu. Seper­ti mis­al­nya UKM tari, pad­u­an suara, pen­cak silat, bas­ket, fut­sal, riset, film, fotografi, dan lain-lain. Man­faat mengiku­ti UKM adalah kamu bisa dap­at teman baru dari berba­gai juru­san, dap­at pen­gala­man baru dan menam­bah wawasan. Kalau ada acara kumpul-kumpul yang sifat­nya posi­tif dan silat­u­rah­mi, tidak ada salah­nya kan kamu ikut. Iku­ti semu­nar-sem­i­nar yang diadakan kam­pus, ser­ti­fikat­nya bisa jadi san­gat bergu­na di masa depan.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi