Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Jurusan Manajemen Paling Unik


Sabtu, 14 Mei 2016

Sudah ser­ing ter­den­gar kuli­ah juru­san Man­a­je­men. Tapi kamu mungk­in bera­sum­si kalau Man­a­je­men hanya berhubun­gan den­gan opera­sion­al perusa­haan dan bis­nis saja. Yuk kita bongkar mitos ini.

 

Ada jenis-jenis man­a­je­men yang spe­si­fik untuk indus­tri ter­ten­tu. Buat kamu yang ing­in pun­ya kemam­puan yang unik di indus­tri yang kamu suka, per­tim­bangkan ambil juru­san-juru­san ini:

 

  1. Man­a­je­men Rumah Sak­it

Bela­jar disini, kamu akan tau bagaimana pen­gelo­laan man­a­je­ri­al dan opera­sion­al sebuah rumah sak­it. Mulai dari sis­tem atau prose­dur pelayanan, pen­gadaan per­lengka­pan rumah sak­it dan alat medis sesuai den­gan kebu­tuhan pasien. Nah, jika kamu pun­ya cita-cita untuk pun­ya bagian dalam pen­ingkatan kual­i­tas pelayanan kese­hatan di Indone­sia, tapi mungk­in kurang pas untuk jadi tena­ga medis atau far­masi, maka juru­san ini tepat buat kamu yang ing­in ter­jun lang­sung ke lapan­gan di bidang medis!

 

  1. Man­a­je­men Pen­didikan

Pasti dalam benak kalian juru­san yang iden­tik den­gan pen­didikan adalah Guru. Eitss, tau nggak kalau terny­ata ada juru­san lain yang juga berhubun­gan den­gan pen­didikan yaitu man­a­je­men pen­didikan. Sesuai namanya, juru­san ini men­ga­jarkan soal men­gelo­la segala sesu­atu yang ada dalam inti­tusi pen­didikan. Seper­ti men­gelo­la dan mengem­bangkan kuriku­lum, kebi­jakan pen­didikan, teknologi infor­masi dan komu­nikasi pen­didikan dan masih banyak lagi. Nan­ti­nya lulu­san juru­san ini bisa jadi kepala seko­la, dekan, rekor, staf pro­gram pem­be­la­jaran, TU seko­lah atau bahkan staf di Kemen­tri­an Pen­didikan dan Kebu­dayaan RI. Gimana? Seru kan?!

 

  1. Man­a­je­men Pari­wisa­ta

Kamu hobi trav­el­ing? Juru­san man­a­je­men pari­wisa­ta bisa jadi jawa­ban­nya. Kare­na kamu akan dia­jak kelil­ing ke des­ti­nasi seru sam­bil bela­jar seluk-beluk ilmu kepari­wisa­taan ter­ma­suk bis­nis pari­wisa­ta dan cara pen­gelo­laan­nya. Ten­tun­ya kamu akan bela­jar mem­pro­mosikan des­ti­nasi wisa­ta, guid­ing, metode reser­va­tion dan mem­pela­jari obyek-obyek wisa­ta.

 

  1. Man­a­je­men Sum­ber Daya Perikanan (Perairan)

Nah, juru­san satu ini jan­gan diang­gap hanya beter­nak ikan saja. Tapi di juru­san ini kalian akan mem­pela­jari semua hal yang berkai­tan den­gan sum­ber daya di lingkun­gan perairan laut. Mulai dari masalah lingkun­gan atau pence­maran, hukum, dan sosial masyarakat pesisir. Kamu bisa ikut mengem­bangkan sek­tor perikanan atau perairan, bareng Ibu Menteri Susi yang garang.

 

  1. Man­a­je­men Rekayasa

Man­a­je­men Rekayasa, jika kalian den­gar nama juru­san ini pasti tim­bul berba­gai per­tanyaan. Ini juru­san teknik atau bukan, IPA atau IPS? Ini teknik kok man­a­je­men? Nah, biar gak miskon­sep­si jadi ini keje­lasan­nya. Di juru­san ini kamu akan mem­pela­jari ilmu teknik yang dikom­bi­nasikan den­gan man­a­je­men untuk meng­hasilkan ino­vasi pro­duk, pros­es maupun sis­tem bis­nis. Juru­san ini men­cakup bidang energi, man­a­je­men teknologi, man­a­je­men resiko, pengem­ban­gan usa­ha, man­a­je­men proyek dan sis­tem pemeli­haraan. Jadi jika kamu pil­ih juru­san ini, nan­ti­nya kamu akan berpelu­ang men­jadi seo­rang engi­neer­ing man­ager yang ker­janya beda dari man­a­jer-man­a­jer biasa. Kece kan?!


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi