Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknologi Hasil Pertanian


Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia untuk dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu, pengolahan makanan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian adalah jurusan yang mempelajari tentang penangan, pengamanan, dan pengolahan hasil pertanian sampai menjadi bahan pangan.

 

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian merupakan penerapan ilmu-ilmu dasar seperti kimia, fisika, dan mikrobiologi, serta prinsip-prinsip teknik, ekonomi, dan manajemen. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini:

Mempelajari hubungan pertanian dengan pengadaan pangan dan dampaknya terhadap gizi penduduk, pola konsumsi pangan, status gizi, ketahanan pangan, peraturan dan kebijakan pangan dan gizi.

Mempelajari tentang alat dan mesin pasca panen hasil pertanian, mulai dari kontruksi, fungsi, dan kapasitas kerja alat secara selektif/tepat guna.

Mempelajari teknik-teknik pengambilan keputusan dalam kaitan operasi dan produksi agroindustri.

Mempelajari pentingnya hygiene dan sanitasi industri, jenis dan sumber kontaminan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Mempelajari dasar-dasar pengolahan hasil pertanian dan penggunaan berbagai bahan tambahan dengan proses tradisional hingga modern.

 

Masa studi untuk jenjang S1 rata-rata 8 semester. Selain kuliah teori di dalam kelas, masa perkuliahan di jurusan Teknologi Hasil Pertanian juga banyak diisi dengan kegiatan praktikum di laboratorium dan kunjungan ke pabrik/industri pengolahan makanan.

 

Lulusan jurusan Teknologi Hasil Pertanian memiliki peluang kerja di bidang industri pengolahan hasil pertanian, industry ingredient pangan, industri peralatan hasil pertanian, industri pengemasan pangan dan hasil pertanian, perkebunan/budidaya (sebagai pengawas mutu), pemasaran hasil pertanian (distributor dan retailer), konsultan bidang pertanian, lingkungan, evaluasi dan appraisal, lembaga penelitian dan pengembangan, instansi pemerintah, serta wirausaha di bidang pengolahan hasil pertanian.

 

 

Referensi:

http://www.fp.unsri.ac.id/?p=2047

http://thp.fp.unila.ac.id/prospek-pekerjaan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pertanian#Teknologi_Hasil_Pertanian.2F_Teknologi_Pangan


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 56
Yesterday: 112
This Week: 555
Last Week: 845
This Month: 1044
Last Month: 22042
Total: 836050
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi