Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknobiomedik


Dunia kesehatan yang semakin berkembang telah menghasilkan berbagai macam peralatan medis yang serba canggih. Selain itu, cara-cara pengobatan pun telah berkembang pesat, baik cara pengobatan model baru maupun yang merupakan hasil perkembangan dari pengobatan tradisional. Jika berbagai macam perkembangan tersebut dibebankan hanya kepada dokter, maka tugas dokter akan menjadi sangat berat dan tidak fokus. Untuk itu, dibutuhkan tenaga ahli khusus selain dokter .

 

Program studi Teknobiomedik hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Teknobiomedik (Biomedical Engineering) adalah program studi yang mempelajari tentang pembuatan alat-alat medis dan analisisnya. Lingkup kajiannya (peminatan) meliputi masalah rekayasa instrumentasi medis dan biomaterial.

  1. Peminatan Rekayasa Instrumentasi Medis. Mempelajari interpretasi sistem instrumentasi medis (ECG, EEG, EMG, ENG, ERG), merancang rangkaian elektronika instrumentasi medis, serta mengolah dan menganalisis sinyal dan citra biomedis (USG, MRI, CT-SCAN). Contoh mata kuliahnya antara lain Elektronika Medis, Mikroprosesor dan Mikrokontroler, Perangkat Antarmuka, Sistem Cerdas, Robotika, Instrumentasi Biomedis, Analisis Sinyal Biomedis, Pemrosesan Citra Biomedis, dan Sistem Pengaturan.
  2. Peminatan Biomaterial. Mempelajari rekayasa biomaterial untuk aplikasi medis dan menganalisis biomaterial untuk implantasi medis dan prothesa. Contoh mata kuliahnya antara lain Analisis Biomaterial, Biokompabilitas, Kekuatan Material, Nanomaterial, Kristalografi, Pemrosesan Biomaterial, dan Pemodelan Material Implan.

 

Dari beberapa contoh mata kuliah tersebut, bisa kita simpulkan bahwa kuliah Teknobiomedik menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur (ahli teknik) dengan ilmu medis dan biologis. Teknobiomedik menggabungkan beberapa jenis elemen-elemen teknik dan kedokteran yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien dan kesehatan seseoran secara umum. Seorang mahasiswa Teknobiomedik diharapkan memiliki kemampuan dasar fisika, matematika, biologi, dan kedokteran yang baik. Jurusan ini cocok untuk kalian yang ingin berprofesi di bidang pelayanan kesehatan.

 

Secara khusus, lulusan Teknobiomedik memiliki peluang untuk bekerja di industri manufaktur, terutama pada instrumen farmasi dan perlengkapan medis. Selain itu, bisa juga bekerja di sektor pemerintahan ataupun sebagai konsultan independen. Prospek karir bagi lulusan teknobiomedik akan semakin cemerlang di tahun-tahun mendatang seiring dengan permintaan untuk peralatan medis dan rekayasa biomedis yang lebih canggih, efektif, dan efisien.

 

 

Referensi:

http://tekno.fst.unair.ac.id/wp-content/uploads/2010/12/Mata-Kuliah.jpg

http://iloveunair.blogspot.com/2010/04/teknobiomedik-adalah-suatu-teknik.html

http://teknobiomedik.blogspot.com/


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


96%Indonesia Indonesia
1.8%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Malaysia Malaysia
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%Netherlands Netherlands

Today: 5
Yesterday: 124
This Week: 739
Last Week: 986
This Month: 383
Last Month: 22042
Total: 835389
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi