Teknik Sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, merawat, dan merenovasi gedung-gedung, serta infrastuktur, dan lingkungan secara umum, untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik Sipil mempunyai ruang lingkup yang luas karena juga mempelajari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geologi, Komputer, hingga lingkungan. Pada umumnya, Teknik Sipil dibedakan menjadi beberapa cabang, antara lain:

  1. Struktural

Mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan, termasuk sifat-sifat dan karakteristiknya, juga proses perencanaan struktur, mulai dari pondasi hingga bangunan siap digunakan.

  1. Geoteknik

Mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya.

  1. Manajemen Konstruksi

Mempelajari masalah-masalah terjadi dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan pendanaan, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan hukum dan izin bangunan sehingga bangunan dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Hidrologi

Mempelajari distribusi, pengendalian, dan permasalahan-permasalahan tentang air, hidrologi air, hidrolika, dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, kanal, dan bendungan.

Walaupun jurusan ini identik dengan pembangunan gedung/infrastruktur, jurusan ini tidak dikhususkan untuk laki-laki. Perempuan yang berminat mendalami ilmu ini juga bisa mendaftar. Kompetensi yang harus disiapkan sebelum mengambil jurusan Teknik Sipil adalah Matematika dan Fisika.

Peluang karir bagi lulusan Teknik Sipil sangat luas. Bidang-bidang pekerjaan yang dapat dipilih antara lain konsultan atau kontraktor bidang pembangunan infrastruktur, pegawai pemerintahan bidang tata kota atau pekerjaan umum, staf/manager Quality Auditor/Quality Assurance Manager untuk perusahaan properti, pabrik bahan bangunan, atau industri migas dan pertambangan, serta juga dapat menjadi pengajar/peneliti bidang teknik sipil.

Salah satu tokoh lulusan Teknik Sipil di Indonesia adalah Ir. Tjokorda Raka Sukawati. Beliau lulus dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1962 dan memperoleh gelar Doktor dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tahun 1996. Penemuannya yang sangat berguna bagi Indonesia adalah konstruksi Sosrobahu, yaitu konstruksi pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunannya.

 

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Tjokorda_Raka_Sukawati

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_sipil

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-sipil.html

http://ce.ft.unri.ac.id/program-s1-teknik-sipil/

2 thoughts on “Teknik Sipil”

  1. ada beasiswanya nggak???? soalnya saya tertarik banget masuk teknik sipil UI. Kalau ada tolong bilangin yha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *