Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Perminyakan


Teknik Per­minyakan adalah ilmu yang mem­pela­jari pem­ben­tukan minyak, gas, dan panas bumi, men­cari tahu jum­lah cadan­gan yang ada untuk memu­tuskan jum­lah yang dap­at diam­bil dan dipro­duk­si dalam ben­tuk crude oil ataupun gas alam. Di juru­san Teknik Per­minyakan kamu akan mem­pela­jari ten­tang ekstrak­si (eksplo­rasi dan eksploitasi) minyak, gas bumi, dan juga panas bumi dari berba­gai sisi, yaitu sisi reser­voir, peni­la­ian for­masi, pem­b­o­ran, pro­duk­si, dan juga pen­go­la­han sam­pai masalah ekonomi per­minyakan.

 

Seper­ti hal­nya juru­san teknik yang lain, sebelum memu­tuskan untuk kuli­ah di juru­san Teknik Per­minyakan kamu harus memi­liki kemam­puan Fisika dan Matem­atika yang kuat. Berikut adalah beber­a­pa con­toh mata kuli­ah yang akan dipela­jari di juru­san Teknik Per­minyakan:

Mem­pela­jari dasar dari ilmu hidro kar­bon, kelakuan fasa dari flu­ida reser­voir (gas dan minyak), jenis-jenis flu­ida reser­voir, sifat-sifat dari gas minyak dan air for­masi.

Mem­pela­jari segala hal yang berhubun­gan den­gan pros­es pem­b­o­ran sumur, mulai dari desain pem­b­o­ran, desain lumpur, desain penye­me­nan sam­pai penang­gu­lan­gan jika ter­jadi masalah.

Mem­pela­jari desain per­ala­tan pro­duk­si agar laju pro­duk­si ber­jalan seop­ti­mal mungk­in.

Mem­pela­jari per­an­can­gan sep­a­ra­tor untuk memisahkan flu­ida dari cam­pu­ran zat-zat lain yang juga terkan­dung dalam sumur ser­ta cara pen­go­la­han­nya kare­na zat-zat terse­but tidak bisa dibuang atau dikem­ba­likan begi­tu saja.

 

Teknik Per­minyakan adalah salah satu juru­san yang memi­liki pelu­ang karir cemer­lang, banyak dibu­tuhkan, dan berpeng­hasi­lan relat­if lebih tinggi diband­ing karir lain­nya. Hal ini sepa­dan den­gan peker­jaan dan risiko di lapan­gan. Lulu­san Teknik Per­minyakan dap­at bek­er­ja seba­gai reser­voir, bagian pro­duk­si, atau drilling engi­neer di perusa­haan minyak nasion­al, perusa­haan minyak asing, atau perusa­haan man­u­fak­tur dan jasa. Dap­at juga berkarir di perusa­haan kon­sul­tan, BUMN, lem­ba­ga peneli­tian, atau per­gu­ru­an tinggi.

 

 

Ref­er­en­si:

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-perminyakan.html

http://www.tm.itb.ac.id/uploads/2011/03/Brosur-TM.pdf

http://www.forumsains.com/ilmu-teknik/petroleum-engineering-(teknik-perminyakan)/


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi