0828-9405-9829

Teknik Perminyakan adalah ilmu yang mempelajari pembentukan minyak, gas, dan panas bumi, mencari tahu jumlah cadangan yang ada untuk memutuskan jumlah yang dapat diambil dan diproduksi dalam bentuk crude oil ataupun gas alam. Di jurusan Teknik Perminyakan kamu akan mempelajari tentang ekstraksi (eksplorasi dan eksploitasi) minyak, gas bumi, dan juga panas bumi dari berbagai sisi, yaitu sisi reservoir, penilaian formasi, pemboran, produksi, dan juga pengolahan sampai masalah ekonomi perminyakan.

 

Seperti halnya jurusan teknik yang lain, sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan Teknik Perminyakan kamu harus memiliki kemampuan Fisika dan Matematika yang kuat. Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Teknik Perminyakan:

  • Fluida Reservoir.

Mempelajari dasar dari ilmu hidro karbon, kelakuan fasa dari fluida reservoir (gas dan minyak), jenis-jenis fluida reservoir, sifat-sifat dari gas minyak dan air formasi.

  • Teknik Operasi Pemboran.

Mempelajari segala hal yang berhubungan dengan proses pemboran sumur, mulai dari desain pemboran, desain lumpur, desain penyemenan sampai penanggulangan jika terjadi masalah.

  • Teknik Produksi.

Mempelajari desain peralatan produksi agar laju produksi berjalan seoptimal mungkin.

  • Pengolahan Lapangan dan Transportasi.

Mempelajari perancangan separator untuk memisahkan fluida dari campuran zat-zat lain yang juga terkandung dalam sumur serta cara pengolahannya karena zat-zat tersebut tidak bisa dibuang atau dikembalikan begitu saja.

 

Teknik Perminyakan adalah salah satu jurusan yang memiliki peluang karir cemerlang, banyak dibutuhkan, dan berpenghasilan relatif lebih tinggi dibanding karir lainnya. Hal ini sepadan dengan pekerjaan dan risiko di lapangan. Lulusan Teknik Perminyakan dapat bekerja sebagai reservoir, bagian produksi, atau drilling engineer di perusahaan minyak nasional, perusahaan minyak asing, atau perusahaan manufaktur dan jasa. Dapat juga berkarir di perusahaan konsultan, BUMN, lembaga penelitian, atau perguruan tinggi.

 

 

Referensi:

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-perminyakan.html

http://www.tm.itb.ac.id/uploads/2011/03/Brosur-TM.pdf

http://www.forumsains.com/ilmu-teknik/petroleum-engineering-(teknik-perminyakan)/