Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Perkapalan


Nenek moyangku seorang pelaut

Gemar mengarungi samudera

Menerjang ombak tiada takut

Menempuh badai sudah biasa

 

Masih ingat dengan lirik lagu tersebut? Lagu anak-anak berjudul Nenek Moyangku Seorang Pelaut itu memang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia sebagai penduduk negara maritim yang mahir membuat perahu dan kapal-kapal besar untuk berpetualang mengarungi luasnya samudera. Saat ini industri perkapalan Indonesia sudah semakin berkembang. Jika kamu tertarik untuk menekuni bidang ini, silakan pertimbangkan untuk kuliah di jurusan Teknik Perkapalan.

 

Teknik Perkapalan adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari sebuah sistem kerja kapal, menyangkut perencanaan dan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi. Selain itu, ilmu teknik perkapalan juga diterapkan dalam perkembangan bahari/kelautan Indonesia, antara lain untuk eksplorasi hidrokarbon laut, pemancingan, rekreasi laut, dan juga keamanan perairan Indonesia.

 

Secara umum, jurusan Teknik Perkapalan di Indonesia terbagi dalam empat bidang keahlian, yaitu:

Mempelajari perencanaan berbagai jenis kapal dan optimisasi pemakaiannya. Bidang ini fokus pada manajemen transportasi di laut, khususnya dalam radius pelayaran dan perencanaan pelabuhan.

Mempelajari masalah dan analisis bentuk badan kapal dan baling-baling yang efisien dari segi hidrodinamika.

Mempelajari masalah perencanaan dan analisis konstruksi, kekuatan, dan getaran badan kapal.

Mempelajari masalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan pembangunan dan reparasi badan kapal, serta perencanaan galangan kapal.

 

Seperti halnya jurusan teknik yang lain, di jurusan Teknik Perkapalan kamu akan menemui banyak mata kuliah praktikum yang pada umumnya dilaksanakan di laboratorium. Berikut beberapa contoh laboratorium yang menunjang proses belajar-mengajar di Teknik Perkapalan:

  1. Laboratorium Hidrodinamika Kapal
  2. Laboratorium Produksi Kapal
  3. Laboratorium Perencanaan dan Sistem Transportasi
  4. Laboratorium Komputasi
  5. Studio Gambar

 

Lulusan Teknik Perkapalan diharapkan mampu menguasai prinsip-prinsip perancangan kapal yang berkaitan dengan masalah struktur, dinamika, hidrodinamika, teknik produksi, dan teknik komputasi. Prospek karir bagi lulusan Teknik Perkapalan antara lain sebagai insinyur/teknisi bidang perkapalan yang terbagi menjadi: naval architect/marine engineer, quality assurance/quality control engineer, welding inspector/welding engineer, coating specialist/coating engineer, structural engineer, subsea engineer, project engineer, construction engineer, atau dock monitoring.

 

 

Referensi:

http://prospektus.its.ac.id/kapal.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_perkapalan

http://bagusdyatmika.blogspot.com/2013/04/prospek-lulusan-teknik-perkapalan.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95,3%Indonesia Indonesia
2,2%United States United States
0,6%Singapore Singapore
0,3%Russian Federation Russian Federation
0,2%Malaysia Malaysia
0,1%Hong Kong Hong Kong
0,1%Japan Japan
0,1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 55
Yesterday: 127
This Week: 304
Last Week: 845
This Month: 793
Last Month: 22042
Total: 835799
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi