Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Mesin


Teknik Mesin adalah cabang ilmu teknik yang mem­pela­jari ten­tang energi dan sum­bernya ser­ta aplikasi dari prin­sip fisika untuk anal­i­sis, desain, man­u­fak­tur, dan pemeli­haraan sebuah sis­tem mekanik. 

Juru­san ini menguta­makan kecer­matan dalam mem­pela­jari mata kuli­ah-mata kuli­ah yang ada, baik di kelas maupun pada saat prak­tikum, maha­siswa senan­ti­asa teliti dalam menga­mati teori, menghi­tung soal-soal berdasarkan rumus-rumus, ser­ta menga­mati objek di lab­o­ra­to­ri­um. Menu­rut infor­masi yang diberikan salah seo­rang lulu­san Teknik Mesin di salah satu kam­pus negeri di Jawa Timur, beber­a­pa materi yang dipela­jari di juru­san Teknik Mesin di antaranya:

 

Metode bela­jar yang dit­er­ap­kan adalah in class untuk mata kuli­ah-mata kuli­ah dasar. Sedan­gkan untuk mata kuli­ah-mata kuli­ah Teknik Dasar dan Tekni, materi diberikan in class dan melalui prak­tikum. Jika diaku­mu­lasikan, mem­pela­jari pro­gram studi D3 Teknik Mesin lebih dom­i­nan prak­tek, sedan­gkan S1 Teknik Mesin lebih dom­i­nan teori.

 

Dari beber­a­pa materi yang dipela­jari terse­but, maha­siswa juru­san Teknik Mesin dap­at memil­ih satu dari beber­a­pa pil­i­han pen­ju­ru­san studi, seper­ti Teknik Pro­duk­si (Man­u­fak­tur), Kon­ver­si Energi, Met­alurgi, Desain, ser­ta pen­ju­ru­san lain­nya dis­esuaikan den­gan kebi­jakan seti­ap kam­pus.

 

Keu­nikan bela­jar di juru­san Teknik Mesin ialah penye­garan kem­bali ingatan maha­siswa akan ilmu-ilmu dasar Fisika yang dipela­jari saat SMP maupun SMA. Ketika di SMP/SMA ilmu-ilmu terse­but hanya ada dalam imag­i­nasimu, maka kamu bisa lang­sung mem­buk­tikan­nya melalui prak­tikum-prak­tikum yang ada. Selain itu, saat menger­jakan Tugas Akhir/Skripsi pun kamu akan lebih banyak diarahkan mem­bu­at sebuah alat atau pro­to­type dari materi Tugas Akhir/Skripsi yang kamu angkat.

 

Ada­pun gelar yang diper­oleh sete­lah lulus dari juru­san ialah Sar­jana Teknik (S.T.) untuk S1 dan Ahli Madya (A.Md.) untuk D3. Prospek karir yang dap­at dige­lu­ti secara berke­lan­ju­tan dan men­dalam usai men­em­puh studi di juru­san ini san­gat­lah luas dan banyak, teruta­ma di dunia perindus­tri­an, seper­ti indus­tri per­tam­ban­gan (per­minyakan dan gas, juga logam), man­u­fak­tur (mis­al­nya oto­mo­tif, perka­palan, pesawat ter­bang), dan pem­bangk­i­tan tena­ga listrik. Bidang lain­nya seper­ti dosen di per­gu­ru­an tinggi atau peneli­ti di lem­ba­ga peneli­tian.

 

Di bawah ini adalah beber­a­pa con­toh per­an yang diam­bil seo­rang lulu­san Teknik Mesin:

  1.   Per­awatan mesin, bertang­gung jawab mulai dari per­awatan suku cadang sam­pai pada pen­gontrolan pro­duk­si.
  2.   Man­u­fak­tur alat berat, bertang­gung jawab pada per­ak­i­tan rangka dan kom­po­nen hing­ga desain.
  3.   Kon­trol kual­i­tas pro­duk, men­gawasi spes­i­men pros­es pro­duk­si untuk memas­tikan bah­wa pro­duk sesuai den­gan stan­dar kual­i­tas yang sudah diten­tukan untuk peng­gu­naan.

Salah satu tokoh lulu­san Teknik Mesin yang dap­at men­jadi panu­tan adalah Prof. Dr. Ir. Bam­bang Sug­ia­r­to, M.Eng. Beli­au adalah lulu­san Teknik Mesin Uni­ver­si­tas Indone­sia dan sekarang telah men­jadi Guru Besar di alma­mater­nya terse­but. Berangkat dari kecin­taan­nya pada dunia oto­mo­tif, beli­au suk­ses men­jadi peneli­ti yang fokus pada bidang Renew­able Ener­gy untuk oto­mo­tif.

 

 

Ref­er­en­si:

http://sttybsi.ac.id/index.php/teknik-mesin

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-mesin.html

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/profil-insinyur/574-prof-dr-ir-bambang-sugiarto-meng.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi