Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Mesin


Teknik Mesin adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang energi dan sumbernya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik.

Jurusan ini mengutamakan kecermatan dalam mempelajari mata kuliah-mata kuliah yang ada, baik di kelas maupun pada saat praktikum, mahasiswa senantiasa teliti dalam mengamati teori, menghitung soal-soal berdasarkan rumus-rumus, serta mengamati objek di laboratorium. Menurut informasi yang diberikan salah seorang lulusan Teknik Mesin di salah satu kampus negeri di Jawa Timur, beberapa materi yang dipelajari di jurusan Teknik Mesin di antaranya:

 

Metode belajar yang diterapkan adalah in class untuk mata kuliah-mata kuliah dasar. Sedangkan untuk mata kuliah-mata kuliah Teknik Dasar dan Tekni, materi diberikan in class dan melalui praktikum. Jika diakumulasikan, mempelajari program studi D3 Teknik Mesin lebih dominan praktek, sedangkan S1 Teknik Mesin lebih dominan teori.

 

Dari beberapa materi yang dipelajari tersebut, mahasiswa jurusan Teknik Mesin dapat memilih satu dari beberapa pilihan penjurusan studi, seperti Teknik Produksi (Manufaktur), Konversi Energi, Metalurgi, Desain, serta penjurusan lainnya disesuaikan dengan kebijakan setiap kampus.

 

Keunikan belajar di jurusan Teknik Mesin ialah penyegaran kembali ingatan mahasiswa akan ilmu-ilmu dasar Fisika yang dipelajari saat SMP maupun SMA. Ketika di SMP/SMA ilmu-ilmu tersebut hanya ada dalam imaginasimu, maka kamu bisa langsung membuktikannya melalui praktikum-praktikum yang ada. Selain itu, saat mengerjakan Tugas Akhir/Skripsi pun kamu akan lebih banyak diarahkan membuat sebuah alat atau prototype dari materi Tugas Akhir/Skripsi yang kamu angkat.

 

Adapun gelar yang diperoleh setelah lulus dari jurusan ialah Sarjana Teknik (S.T.) untuk S1 dan Ahli Madya (A.Md.) untuk D3. Prospek karir yang dapat digeluti secara berkelanjutan dan mendalam usai menempuh studi di jurusan ini sangatlah luas dan banyak, terutama di dunia perindustrian, seperti industri pertambangan (perminyakan dan gas, juga logam), manufaktur (misalnya otomotif, perkapalan, pesawat terbang), dan pembangkitan tenaga listrik. Bidang lainnya seperti dosen di perguruan tinggi atau peneliti di lembaga penelitian.

 

Di bawah ini adalah beberapa contoh peran yang diambil seorang lulusan Teknik Mesin:

  1.   Perawatan mesin, bertanggung jawab mulai dari perawatan suku cadang sampai pada pengontrolan produksi.
  2.   Manufaktur alat berat, bertanggung jawab pada perakitan rangka dan komponen hingga desain.
  3.   Kontrol kualitas produk, mengawasi spesimen proses produksi untuk memastikan bahwa produk sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditentukan untuk penggunaan.

Salah satu tokoh lulusan Teknik Mesin yang dapat menjadi panutan adalah Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng. Beliau adalah lulusan Teknik Mesin Universitas Indonesia dan sekarang telah menjadi Guru Besar di almamaternya tersebut. Berangkat dari kecintaannya pada dunia otomotif, beliau sukses menjadi peneliti yang fokus pada bidang Renewable Energy untuk otomotif.

 

 

Referensi:

http://sttybsi.ac.id/index.php/teknik-mesin

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-mesin.html

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/profil-insinyur/574-prof-dr-ir-bambang-sugiarto-meng.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.3%Indonesia Indonesia
2.2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.3%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 1
Yesterday: 138
This Week: 388
Last Week: 845
This Month: 877
Last Month: 22042
Total: 835883
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi