Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Material dan Metalurgi


Sesuai den­gan namanya, juru­san Teknik Mate­ri­al dan Met­alurgi adalah juru­san yang mem­pela­jari ten­tang teknik mate­ri­al dan teknik met­alurgi. Teknik mate­ri­al adalah bidang ilmu teknik yang mem­ba­has ten­tang sifat-sifat bahan, hubun­gan antara struk­tur bahan dan sifat­nya, juga ten­tang desain berba­gai jenis mate­ri­al (logam, plas­tik, keramik, kom­posit) untuk aplikasi ter­ten­tu. Sedan­gkan teknik met­alurgi adalah bidang ilmu teknik yang mem­ba­has ten­tang sifat-sifat, kegu­naan, ser­ta pros­es pen­go­la­han min­er­al dan logam.

 

Kehadi­ran juru­san teknik Mate­ri­al dan Met­alurgi saat ini san­gat diper­lukan untuk meng­hasilkan tena­ga-tena­ga pro­fes­sion­al di bidang ilmu dan teknologi mate­ri­al, mengin­gat Indone­sia juga sedang melak­sakan pem­ban­gu­nan di bidang terse­but.

 

Berikut adalah beber­a­pa con­toh mata kuli­ah yang dipela­jari di juru­san Teknik Mate­ri­al dan Met­alurgi:

Mem­pela­jari hubun­gan antara reak­si kimia den­gan arus listrik ser­ta aplikasinya.

Mem­pela­jari sifat mekanik logam, fak­tor-fak­tor yang mem­pen­garuhi sifat terse­but ser­ta aplikasinya.

Mem­pela­jari kon­sep dan pros­es pen­go­la­han min­er­al.

 

Selain itu ada pula mata kuli­ah Menggam­bar Teknik, Kimia Anal­i­tik, Ter­mod­i­namika Mate­ri­al, Kimia Polimer, Man­a­je­men Indus­tri, Korosi dan degradasi Mate­ri­al, Pros­es Pem­bu­atan Besi Baja, dan Desain Rekayasa Pro­duk. Kalian yang bermi­nat masuk juru­san ini harus memi­liki dasar ilmu kimia yang kuat.

 

Lama perku­li­a­han untuk S1 rata-rata 8 semes­ter. Maha­siswa juru­san ini banyak melakukan kegiatan per­cobaan dan peneli­tian di lab­o­ra­to­ri­um, seper­ti lab­o­ra­to­ri­um met­alurgi, lab­o­ra­to­ri­um teknologi las, lab­o­ra­to­ri­um teknologi cor, lab­o­ra­to­ri­um korosi, juga lab­o­ra­to­ri­um non met­al. Salah satu syarat kelu­lu­san­nya adalah maha­siswa harus sudah per­nah melakukan kegiatan job-train­ing (mag­a­ng) di indus­tri sela­ma beber­a­pa bulan dan men­em­puh tugas akhir yang beru­pa riset atau mini project.

 

Lulu­san Teknik Mate­ri­al dan Met­alurgi masih san­gat dibu­tuhkan di Indone­sia, teruta­ma di bidang indus­tri per­tam­ban­gan, indus­tri ekstrak­si dan pele­bu­ran logam, indus­tri man­u­fak­tur, indus­tri per­minyakan dan gas, indus­tri oto­mo­tif dan kom­po­nen oto­mo­tif, ser­ta lem­ba­ga peneli­tian dan pengem­ban­gan.

 

 

Ref­er­en­si:

http://www.metal.ui.ac.id/id/page.php?id=3

http://www.material.its.ac.id/

http://fajrisaputra.blogspot.com/2011/03/teknik-material-metalurgi.html

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-metalurgi.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi