0828-9405-9829

Sesuai dengan namanya, jurusan Teknik Material dan Metalurgi adalah jurusan yang mempelajari tentang teknik material dan teknik metalurgi. Teknik material adalah bidang ilmu teknik yang membahas tentang sifat-sifat bahan, hubungan antara struktur bahan dan sifatnya, juga tentang desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu. Sedangkan teknik metalurgi adalah bidang ilmu teknik yang membahas tentang sifat-sifat, kegunaan, serta proses pengolahan mineral dan logam.

Kehadiran jurusan teknik Material dan Metalurgi saat ini sangat diperlukan untuk menghasilkan tenaga-tenaga professional di bidang ilmu dan teknologi material, mengingat Indonesia juga sedang melaksakan pembangunan di bidang tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari di jurusan Teknik Material dan Metalurgi:

  • Elektrokimia

Mempelajari hubungan antara reaksi kimia dengan arus listrik serta aplikasinya.

  • Metalurgi Fisik

Mempelajari sifat mekanik logam, faktor-faktor yang mempengaruhi sifat tersebut serta aplikasinya.

  • Pengolahan Mineral

Mempelajari konsep dan proses pengolahan mineral.

Selain itu ada pula mata kuliah Menggambar Teknik, Kimia Analitik, Termodinamika Material, Kimia Polimer, Manajemen Industri, Korosi dan degradasi Material, Proses Pembuatan Besi Baja, dan Desain Rekayasa Produk. Kalian yang berminat masuk jurusan ini harus memiliki dasar ilmu kimia yang kuat.

Lama perkuliahan untuk S1 rata-rata 8 semester. Mahasiswa jurusan ini banyak melakukan kegiatan percobaan dan penelitian di laboratorium, seperti laboratorium metalurgi, laboratorium teknologi las, laboratorium teknologi cor, laboratorium korosi, juga laboratorium non metal. Salah satu syarat kelulusannya adalah mahasiswa harus sudah pernah melakukan kegiatan job-training (magang) di industri selama beberapa bulan dan menempuh tugas akhir yang berupa riset atau mini project.

Lulusan Teknik Material dan Metalurgi masih sangat dibutuhkan di Indonesia, terutama di bidang industri pertambangan, industri ekstraksi dan peleburan logam, industri manufaktur, industri perminyakan dan gas, industri otomotif dan komponen otomotif, serta lembaga penelitian dan pengembangan.

 

Referensi:

http://www.metal.ui.ac.id/id/page.php?id=3

http://www.material.its.ac.id/

http://fajrisaputra.blogspot.com/2011/03/teknik-material-metalurgi.html

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-metalurgi.html