Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Informatika


Teknik Infor­matika (TI) adalah juru­san yang mem­pela­jari ten­tang ilmu kom­put­er, teknologi jaringan kom­put­er, teknologi perangkat lunak, dan aplikasinya dalam berba­gai bidang usa­ha. Jadi, juru­san ini tidak hanya men­ga­jarkan teori, namun juga pen­er­a­pan prak­tis­nya.

 

Kom­pe­ten­si uta­ma yang harus disi­ap­kan sebelum memu­tuskan untuk masuk juru­san TI adalah kemam­puan logika dan matem­atika. Dunia infor­matika san­gat erat hubun­gan­nya den­gan pem­ro­gra­man, dan pem­ro­gra­man sendiri adalah imple­men­tasi dari alog­a­r­it­ma (logika) dan matem­atika.

 

Secara umum mata kuli­ah juru­san ini dap­at dikelom­pokkan men­jadi beber­a­pa bidang ilmu, antara lain:

1. Sis­tem Infor­masi

Teknik per­an­can­gan, pengem­ban­gan, pengete­san, dan pemeli­haraan sis­tem perangkat lunak.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Desain perangkat lunak seper­ti basis data client server untuk peng­gu­naan ter­ten­tu baik untuk kon­sumen maupun untuk indus­tri.

3. Pem­ro­gra­man dan Kom­putasi

Mem­pela­jari logika pem­ro­gra­man dan pem­ban­gun­gan sis­tem kom­putasi (penghi­tun­gan) untuk aplikasi perangkat lunak.

4. Arsitek­tur dan Jaringan Kom­put­er

Mem­pela­jari arsitek­tur kom­put­er, elek­tron­ika, sis­tem dig­i­tal, sis­tem micro­proces­sor, dan jaringan/net­work­ing.

 

Mengin­gat peng­gu­naan jaringan kom­put­er yang semak­in melu­as, pelu­ang ker­ja bagi lulu­san TI juga semak­in besar. Beber­a­pa pro­fe­si yang dap­at diteku­ni oleh lulu­san TI antara lain:

  1. Web Programmer/Developer, yaitu orang yang bertu­gas mem­bu­at website/aplikasi web­site den­gan meng­gu­nakan bahasa pem­ro­gra­man.
  2. Web Design­er, yaitu orang yang mende­sain tampi­lan web­site dan meng­gabungkan kom­po­nen-kom­po­nen seper­ti gam­bar atau ani­masi.
  3. Sys­tem Ana­lyst, yaitu orang yang bertu­gas men­ganal­isa sis­tem perangkat lunak, men­e­mukan dan mem­per­baiki keku­ran­gan­nya.
  4. Net­work Engi­neer, yaitu teknisi jaringan kom­put­er yang bertu­gas untuk men­gawasi peng­gu­naan dan pemeli­haraan jaringan (main­te­nance) dan mem­per­baiki kerusakan (trou­bleshoot­ing).

 

Selain itu ada pula pro­fe­si lain seper­ti IT Sup­port, Soft­ware Engi­neer, Data­base Admin­is­tra­tor, dan Web Admin­is­tra­tor. Segala jenis pro­fe­si terse­but biasanya dibu­tuhkan oleh perusa­haan-perusa­haan besar, instan­si pemer­in­tah dan swasta, per­bankan, hing­ga lem­ba­ga-lem­ba­ga peneli­tian. Seo­rang lulu­san TI juga dihara­p­kan dap­at meman­faatkan keil­muan dan kreativ­i­tas­nya untuk mem­ban­gun usa­ha sendiri den­gan mem­berikan jasa kon­sul­tasi atau desain.

 

 

Ref­er­en­si:

http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-informatika.html

http://www.jobloker.com/id/artikel-dunia-kerja/124-aneka-profesi-di-bidang-it

Agung Muliawan
Senin, 16 September 2013
12:24 pm

Maaf gan. Ane tanya, Teknik Infor­matika yang baik dimana ya? seki­ranya ada bea­siswanya dan dibawah ITS, UI, ITB dkk. Kalau bisa didaer­ah malang ya?

    admin Sarjana
    Selasa, 17 September 2013
    1:44 am

    Untuk memil­ih kam­pus yang baik, yang menye­leng­garakan juru­san Teknik Infor­matika bisa kamu cek ter­lebih dulu sta­tus kam­pus (terdaf­tar di Dik­ti atau tidak) maupun akred­i­tasi juru­san (selengkap­nya baca artikel Tips & Saran: Was­pada Keber­adaan Kam­pus Ile­gal dan Memil­ih Per­gu­ru­an Tinggi yang Ter­baik). Untuk infor­masi bea­siswa di kam­pus ITS, ITB, dll bisa kamu cek di Tab Bea­siswa. Kami memi­liki beber­a­pa infor­masi bea­siswa di kam­pus-kam­pus terse­but untuk tahun 2013 ini dan akan terus kami update sesuai perkem­ban­gan infor­masi yang diberikan tiap lem­ba­ga pem­beri bea­siswa.

Bilkis renis Totti
Senin, 9 Desember 2013
8:47 am

Di mana tem­pat kam­pus Teknik Infor­matika di Surabaya yach??

    admin Sarjana
    Senin, 9 Desember 2013
    8:55 am

    Kami sarankan men­cari di http://sarjana.co.id/perbandingan/ pil­ih Pro­gram Studi lalu Juru­san Teknik Infor­matika, maka di bagian Uni­ver­si­tas akan muncul pil­i­han kam­pus yang menawarkan Teknik Infor­matika.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi