0828-9405-9829

Teknik Informatika (TI) adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi jaringan komputer, teknologi perangkat lunak, dan aplikasinya dalam berbagai bidang usaha. Jadi, jurusan ini tidak hanya mengajarkan teori, namun juga penerapan praktisnya.

Kompetensi utama yang harus disiapkan sebelum memutuskan untuk masuk jurusan TI adalah kemampuan logika dan matematika. Dunia informatika sangat erat hubungannya dengan pemrograman, dan pemrograman sendiri adalah implementasi dari alogaritma (logika) dan matematika.

Secara umum mata kuliah jurusan ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu, antara lain:

1. Sistem Informasi

Teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Desain perangkat lunak seperti basis data client server untuk penggunaan tertentu baik untuk konsumen maupun untuk industri.

3. Pemrograman dan Komputasi

Mempelajari logika pemrograman dan pembangungan sistem komputasi (penghitungan) untuk aplikasi perangkat lunak.

4. Arsitektur dan Jaringan Komputer

Mempelajari arsitektur komputer, elektronika, sistem digital, sistem microprocessor, dan jaringan/networking. 

Mengingat penggunaan jaringan komputer yang semakin meluas, peluang kerja bagi lulusan TI juga semakin besar. Beberapa profesi yang dapat ditekuni oleh lulusan TI antara lain:

  1. Web Programmer/Developer, yaitu orang yang bertugas membuat website/aplikasi website dengan menggunakan bahasa pemrograman.
  2. Web Designer, yaitu orang yang mendesain tampilan website dan menggabungkan komponen-komponen seperti gambar atau animasi.
  3. System Analyst, yaitu orang yang bertugas menganalisa sistem perangkat lunak, menemukan dan memperbaiki kekurangannya.
  4. Network Engineer, yaitu teknisi jaringan komputer yang bertugas untuk mengawasi penggunaan dan pemeliharaan jaringan (maintenance) dan memperbaiki kerusakan (troubleshooting).

Selain itu ada pula profesi lain seperti IT Support, Software Engineer, Database Administrator, dan Web Administrator. Segala jenis profesi tersebut biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, instansi pemerintah dan swasta, perbankan, hingga lembaga-lembaga penelitian. Seorang lulusan TI juga diharapkan dapat memanfaatkan keilmuan dan kreativitasnya untuk membangun usaha sendiri dengan memberikan jasa konsultasi atau desain.

 

Referensi:

http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-informatika.html

http://www.jobloker.com/id/artikel-dunia-kerja/124-aneka-profesi-di-bidang-it

4 thoughts on “Teknik Informatika”

  1. Maaf gan. Ane tanya, Teknik Informatika yang baik dimana ya? sekiranya ada beasiswanya dan dibawah ITS, UI, ITB dkk. Kalau bisa didaerah malang ya?

    1. Untuk memilih kampus yang baik, yang menyelenggarakan jurusan Teknik Informatika bisa kamu cek terlebih dulu status kampus (terdaftar di Dikti atau tidak) maupun akreditasi jurusan (selengkapnya baca artikel Tips & Saran: Waspada Keberadaan Kampus Ilegal dan Memilih Perguruan Tinggi yang Terbaik). Untuk informasi beasiswa di kampus ITS, ITB, dll bisa kamu cek di Tab Beasiswa. Kami memiliki beberapa informasi beasiswa di kampus-kampus tersebut untuk tahun 2013 ini dan akan terus kami update sesuai perkembangan informasi yang diberikan tiap lembaga pemberi beasiswa.

Comments are closed.