Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Industri


Teknik Industri (Industrial Engineering) adalah gabungan dari ilmu keteknikan dan ilmu manajemen di bidang perindustrian. Dapat pula dikatakan bahwa Teknik Industri adalah ilmu yang menjembatani antara ilmu keteknikan dengan ilmu sosial. Yang dipelajari antara lain perancangan, pemasangan, perbaikan, dan pengembangan sistem industri yang terdiri dari manusia, bahan baku, peralatan, energi, dan informasi, agar tercapai prosedur kerja sistem yang efektif dan efisien.

 

Secara umum, Teknik Industri dapat dibagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu:

1. Sistem Manufaktur

Memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi system produksi. Mata kuliah yang dipelajari antara lain sistem produksi, perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi.

2. Manajemen Industri

Contoh mata kuliah adalah manajemen keuangan, manajemen kualitas, manajemen inovasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keputusan, dan ekonomi teknik.

3. Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi

Topik-topik yang dibahas adalah statistik, logistik, pemrograman, penelitian operasional, dan sistem basis data.

 

Seperti halnya jurusan teknik yang lain, Teknik Industri juga berakar pada proses perancangan (design), hanya saja obyek yang dirancang adalah sebuah sistem, bukan obyek konkret seperti gedung, pesawat, atau mesin. Oleh karena itu, kompetensi utama yang harus disiapkan sebelum memilih jurusan ini adalah matematika serta pengetahuan dasar tentang bisnis, pemasaran, manajemen keuangan dan sumber daya manusia. Metode perkuliahan berupa kuliah teori di dalam kelas, asistensi, praktikum di laboratorium, serta praktik kuliah lapangan dan magang di perusahaan/industri.

 

Di era perdagangan bebas dan persaingan global seperti saat ini, lulusan Teknik Industri semakin dibutuhkan. Lulusan Teknik Industri memiliki peluang kerja di bidang produksi dan penjamin mutu, teknologi informasi, pemasaran/manajemen bisnis, industri manufaktur, rumah sakit, konsultasi manajemen, manajemen sumber daya manusia, maupun bidang pendidikan (sebagai dosen/peneliti).

 

 

Referensi:

http://prospektus.its.ac.id/ti.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_Industri

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-industri.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.7%Indonesia Indonesia
2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 20
Yesterday: 111
This Week: 20
Last Week: 845
This Month: 509
Last Month: 22042
Total: 835515
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi