Teknik Geomatika adalah bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dan manajemen data spasial (berbasis lokasi). Bidang teknik geomatika telah berperan sangat penting dalam pembangunan sepanjang sejarah dan telah berkembang semakin pesat seiring dengan perkembangan sains dan teknologi pada abad modern ini.

Data spasial didapat melalui pengukuran terestris, laut, wahana angkasa dan sensor-sensor satelit dengan beracuan pada kerangka dasar Geodesi. Termasuk juga proses transformasi data spasial dari berbagai sumber pengukuran ke dalam suatu sistem informasi dengan karakteristik ketelitian yang terdefinisi dengan baik.

Jurusan Teknik Geomatika mempelajari kompetensi utama dalam penentuan posisi dan survei pemetaan (positioning and mapping). Selain itu, dipelajari pula proses pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data geo-spasial untuk menjadi geo-informasi serta pengumpulan dan pengolahan data penginderaan jauh (remote sensing).

Mata kuliah dalam program studi ini adalah:

  1. Geodesi
  2. Survei dan pemetaan
  3. Teknologi informasi spasial
  4. Sistem informasi geospasial
  5. Kadaster
  6. Survei rekayasa pantai
  7. Survei satelit untuk penentuan posisi
  8. Survei deformasi dan geodinamika

Jurusan ini tersedia dalam jenjang D3 maupun S1 dalam universitas-universitas teknologi di Indonesia. Para lulusan Teknik Geomatika dapat bekerja di instansi yang bergerak di bidang survei rekayasa, bidang survey dan pemetaan, Dirjen Pajak, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pertamina, Perkebunan, Kehutanan, Kimpraswil (PU), Tata Kota, Bappeda, dan instansi swasta dalam bidang survei dan pemetaan.

 

Referensi:

http://www.fitb.itb.ac.id/Teknik.Geodesi.Geomatika/

http://www.geomatika.its.ac.id/lang/id/beranda/apa-itu-geomatika#

http://teknikgeomatika.sv.ugm.ac.id/?page_id=899