Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Teknik Elektro


Jurusan Teknik Elektro pada dasarnya adalah jurusan yang mempelajari perancangan tentang sistem dan sub sistem menggugunakan piranti elektronis yang dapat dimanfaatkan untuk meringankan pekerjaan-pekerjaan sulit yang dilakukan manusia. Teknik Elektro memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari sumber-sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusinya, sampai ke pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Secara umum, jurusan Teknik Elektro memiliki beberapa peminatan, antara lain:

  1. Bidang Studi Teknik Sistem Tenaga. Mempelajari teknik konversi energi, teknik transmisi dan distribusi tenaga listrik, sistem interkoneksi, teknik pengaturan dan pengaman, serta penggunaan komputer untuk perhitungan perencanaan.
  2. Bidang Studi Telekomunikasi Multimedia. Mempelajari sistem komunikasi, teknik pengiriman dan penerimaan sinyal informasi, transmisi dan propagasi gelombang elektromagnetik, perencanaan pemancar dan penerima, serta penggunaan mikroprosesor dalam pengolahan sinyal informasi.
  3. Bidang Studi Elektronika. Mempelajari rangkaian-rangkaian dan komponen-komponen elektronika dan rangkaian integrasi, perencanaan peralatan elektronika, teknik pembuatan komponen, serta penggunaan alat-alat ukur elektronik dalam industri dan biomedika.
  4. Bidang Studi Teknik Sistem Pengaturan. Mempelajari model-model Matematika, dinamika sistem, komponen dan peralatan pengatur, pengaturan dengan komputer, perencanaan dan analisis model sistem, teknik pengaturan optimal, teknik pengaturan digital, hingga teknik robot.
  5. Bidang Studi Teknik Komputer dan Telematika. Mempelajari perangkat keras dan perangkat lunak komputer, sistem logika, penggunaan logika dalam rancang bangun komputer, pemakaian komputer sebagai alat pemroses data serta pembuatan program dan analisisnya.

 

Lulusan Teknik Elektro memiliki peluang karir sebagai teknisi tenaga listrik, teknisi telekomunikasi dan transmisi sinyal, teknisi perangkat keras dan perangkat lunak komputer, teknisi rangkaian terpadu skala besar, atau teknisi elektronika biomedik yang banyak dibutuhkan di berbagai macam industri, BUMN, perusahaan alat dan jasa telekomunikasi, perusahaan IT, konsultan, pertambangan, perminyakan, hingga pembangkit tenaga listrik.

 

Salah satu lulusan Teknik Elektro yang dapat menjadi teladan bagi kita adalah Dr. Khoirul Anwar, alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), yang saat ini menjadi dosen sekaligus peneliti di laboratorium Information Theory and Signal Processing, Japan Advance Institute of Science and Technology. Beliau adalah penemu sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) yang telah meraih penghargaan dari Taiwan. Kini temuannya tersebut digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang.

 

Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, Teknik Elektro semakin menjadi primadona. Jangan heran bila jurusan Teknik Elektro memiliki passing grade yang cukup tinggi. Jika kalian ingin memilih jurusan ini, kemampuan dasar yang perlu kalian mantapkan adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), terutama Matematika dan Fisika, juga bahasa Inggris. Semasa perkuliahan nanti, selain mendapatkan mata kuliah teori, kalian juga akan mengahadapi berbagai macam praktikum di laboratorium.

 

 

Referensi:

http://prospektus.its.ac.id/elektro.html

http://www.ee.itb.ac.id/electrical_engineering_curriculum_structure_2013

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-elektro.html

http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/profil-insinyur/1146-dr-khoirul-anwar.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.4%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 18
Yesterday: 112
This Week: 517
Last Week: 845
This Month: 1006
Last Month: 22042
Total: 836012
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi