Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Statistika


Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering tidak menyadari bahwa kita telah menerapkan statistika. Misalnya saja ketika kita akan membeli suatu barang, terlebih dulu kita membanding-bandingkan beberapa macam merek, baik dari segi harga, kualitas, desain, garansi, dan sebagainya. Walaupun hal-hal tersebut tidak dilakukan secara ilmiah, namun ada prinsip-prinsip dasar statistika yang telah kita terapkan.

 

Apa itu statistika?

 

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data dan cara merencanakan, mengumpulkan menganalisis, menginterpretasi, serta mempresentasikan data. Salah satu kegunaan statistika adalah untuk membuat keputusan berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial. Statistika juga digunakan dalam bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Dalam pemerintahan, statistika banyak dimanfaatkan untuk keperluan jajak pendapat dan quick count. Perusahaan-perusahaan besar biasanya juga membutuhkan statistika untuk keperluan riset dan pengembangan.

 

Beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari di jurusan Statistika antara lain:

  1. Kalkulus. Mempelajari tentang sistem bilangan real, fungsi dan limit, derivatif, integral, aplikasi derivatif dan integral pada Matematika dan optimasi.
  2. Teori Probabilitas. Mempelajari pengantar konsep himpunan dan operasi himpunan, pengertian percobaan random, ruang sampel, probabilitas dan ruang probabilitas, fungsi himpunan dan invers.
  3. Analisis Numerik. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menjalankan berbagai konsep analisis numerik dan mampu membuat program komputer untuk menyelesaikan masalah persamaan linier secara numerik.
  4. Komputasi Statistik. Bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dasar-dasar alogaritma komputasi untuk metode statistika dan mengimplementasikannya dalam makro program paket statistika seperti MINITAB, SAS, MATLAB, R atau S-PLUS.

 

Jika kamu tertarik mempelajari statistika secara lebih mendalam dan ingin mendapatkan peluang kerja yang luas, silakan mempertimbangkan untuk memilih jurusan Statistika. Kompetensi yang harus dipersiapkan sebelumnya adalah kemampuan dasar analisis yang baik dan ketelitian. Jurusan Statistika bertujuan untuk menghasilkan statistikawan yang handal. Secara umum, lulusan Statistika diharapkan mampu mengembangkan Statistika, baik teori maupun terapannya melalui pembinaan sumber daya, serta penelitian dan pengkajian untuk industrialisasi yang berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Peluang karir bagi lulusan Statistika antara lain: marketing research, konsultan, analis bisnis, software developer, bagian keuangan, mitra statistic di BPS, pegawai pemerintahan, total quality management, awak media, dan staf pengembangan bisnis.

 

 

Referensi:

http://prospektus.its.ac.id/statistika.html

http://dwithastatisticsundip.blogspot.com/2012/12/statistika-2012.html

http://www.unpad.ac.id/fakultas/matematika-ipa/statistika/

http://wulansarisumihadi.wordpress.com/2009/02/03/pengertian-statistika-dan-manfaatnya/

Ratri Diantari
Kamis, 19 September 2013
4:24 pm

ada beasiswa buat mahasiswa semester 7 tidak ?

    admin Sarjana
    Jumat, 20 September 2013
    1:35 am

    Sangat banyak. Kamu bisa cek di Tab Beasiswa.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 65
Yesterday: 112
This Week: 564
Last Week: 845
This Month: 1053
Last Month: 22042
Total: 836059
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi