Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Sosiologi


Juru­san Sosi­ologi di per­gu­ru­an tinggi mem­pela­jari kon­disi masyarakat yang selalu berubah dari wak­tu ke wak­tu, men­cari apa yang men­jadi penye­bab­nya, mengka­ji apa saja dampaknya, ser­ta berusa­ha men­e­mukan solusinya. Ini cocok untuk kalian yang ing­in tahu bagaimana suatu masyarakat bisa ter­ben­tuk, fak­tor apa yang dap­at mem­per­satukan maupun memisahkan mereka, men­ga­pa orang-orang sulit mening­galkan tra­disi yang sudah ber­jalan lama, ser­ta per­tanyaan-per­tanyaan sep­utar real­i­tas sosial dan kon­disi masyarakat lain­nya.

 

Kare­na bidang caku­pan sosi­ologi san­gat­lah luas, di beber­a­pa uni­ver­si­tas, juru­san Sosi­ologi biasanya memi­liki beber­a­pa jenis pem­i­natan, mis­al­nya:

1. Sosi­ologi Indus­tri

Pengka­jian dan pengem­ban­gan fak­tor-fak­tor sosi­ologi yang mem­pen­garuhi perindus­tri­an, seper­ti kete­na­gak­er­jaan, glob­al­isasi, pengem­ban­gan teknologi. Con­toh pen­er­a­pan­nya adalah per­lin­dun­gan buruh pabrik, penan­ganan demo buruh, dan hubun­gan antara indus­try den­gan pemer­in­tah dan serikat peker­ja.

2. Sosi­ologi Lingkun­gan

Mem­pela­jari real­i­tas sosial yang muncul dari dampak peruba­han sosial seper­ti pem­ban­gu­nan dan indus­tri­al­isasi yang telah mem­pen­garuhi kon­disi lingkun­gan­nya, baik lingkun­gan alam maupun sosial. Mis­al­nya, anal­isa dampak peng­gusuran masyarakat untuk mendirikan pabrik atau pen­go­la­han sum­ber daya alam untuk kemak­mu­ran masyarakat.

3. Sosi­ologi Pem­ban­gu­nan

Mem­ba­has dampak pem­ban­gu­nan di Indone­sia ter­hadap kon­disi sosial budaya masyarakat dari berba­gai macam lapisan. Bisa berfokus untuk memec­ahkan kemiski­nan, atau mem­ban­gun kota yang menun­jang kehidu­pan sosial yang sehat.

 

Di beber­a­pa uni­ver­si­tas lain, bisa jadi tidak ada pem­i­natan khusus, namun terse­dia beber­a­pa mata kuli­ah pil­i­han yang dap­at diam­bil sesuai den­gan minat mas­ing-mas­ing, mis­al­nya: Sosi­ologi Kelu­ar­ga, Sosi­ologi Pen­didikan, Sosi­ologi Gen­der, Sosi­ologi Komu­nikasi, Sosi­ologi Ekonomi, Sosi­ologi Indus­tri, Sosi­ologi Organ­isasi, Sosi­ologi Kese­hatan, Sosi­ologi Kepen­dudukan, Sosi­ologi Poli­tik, Sosi­ologi Hukum, Sosi­ologi Aga­ma, dan Sosi­ologi Budaya.

 

Lulu­san juru­san Sosi­ologi dihara­p­kan dap­at men­daya­gu­nakan kon­sep dan teori-teori sosial untuk kepentin­gan pem­ban­gu­nan, pem­ber­dayaan masyarakat, dan penyusunan kebi­jakan. Pelu­ang karir bagi lulu­san sosi­ologi antara lain adalah: jurnalis/wartawan,  hubun­gan masyarakat, ahli pem­ber­dayaan masyarakat, kon­sul­tan peren­canaan pem­ban­gu­nan dan kebi­jakan pub­lik, ahli pengem­ban­gan sum­ber daya manu­sia dan dosen juga peneli­ti.

 

Salah satu sosi­olog yang terke­nal di Indone­sia adalah Bapak Imam Pra­sod­jo. Selain men­jadi dosen tetap fakul­tas ilmu sosial dan poli­tik (FISIP) Uni­ver­si­tas Indone­sia, beli­au juga men­jadi ket­ua Yayasan Nurani Dunia, sebuah yayasan yang berkec­im­pung dalam bidang sosial dan pen­didikan bagi kalan­gan yang kurang mam­pu dari segi ekonomi. Yayasan ini berper­an aktif menye­di­akan solusi untuk para kor­ban kerusuhan di Poso, yaitu mem­berikan bea­siswa kepada kaum muda di Poso supaya dap­at men­lan­jutkan pen­didikan­nya. Beli­au ser­ing muncul seba­gai nara­sum­ber di berba­gai acara TV dan sem­i­nar, per­nah juga men­jadi anggota Komisi Pemil­i­han Umum (KPU) pusat masa bak­ti 1999–2004.

 

 

Ref­er­en­si:

http://sosiologi.umm.ac.id/home.php?lang=id

http://www.fisip.unair.ac.id/index.php?view=article&catid=23%3Aprodi-sosiologi&id=90%3Adeskripsi-matakuliah-program-studi-&option=com_content&Itemid=107

http://fajar-aryanto.blogspot.com/2009/10/imam-b-prasodjo-pengamat-sosial.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi