Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Sosiologi


Jurusan Sosiologi di perguruan tinggi mempelajari kondisi masyarakat yang selalu berubah dari waktu ke waktu, mencari apa yang menjadi penyebabnya, mengkaji apa saja dampaknya, serta berusaha menemukan solusinya. Ini cocok untuk kalian yang ingin tahu bagaimana suatu masyarakat bisa terbentuk, faktor apa yang dapat mempersatukan maupun memisahkan mereka, mengapa orang-orang sulit meninggalkan tradisi yang sudah berjalan lama, serta pertanyaan-pertanyaan seputar realitas sosial dan kondisi masyarakat lainnya.

 

Karena bidang cakupan sosiologi sangatlah luas, di beberapa universitas, jurusan Sosiologi biasanya memiliki beberapa jenis peminatan, misalnya:

1. Sosiologi Industri

Pengkajian dan pengembangan faktor-faktor sosiologi yang mempengaruhi perindustrian, seperti ketenagakerjaan, globalisasi, pengembangan teknologi. Contoh penerapannya adalah perlindungan buruh pabrik, penanganan demo buruh, dan hubungan antara industry dengan pemerintah dan serikat pekerja.

2. Sosiologi Lingkungan

Mempelajari realitas sosial yang muncul dari dampak perubahan sosial seperti pembangunan dan industrialisasi yang telah mempengaruhi kondisi lingkungannya, baik lingkungan alam maupun sosial. Misalnya, analisa dampak penggusuran masyarakat untuk mendirikan pabrik atau pengolahan sumber daya alam untuk kemakmuran masyarakat.

3. Sosiologi Pembangunan

Membahas dampak pembangunan di Indonesia terhadap kondisi sosial budaya masyarakat dari berbagai macam lapisan. Bisa berfokus untuk memecahkan kemiskinan, atau membangun kota yang menunjang kehidupan sosial yang sehat.

 

Di beberapa universitas lain, bisa jadi tidak ada peminatan khusus, namun tersedia beberapa mata kuliah pilihan yang dapat diambil sesuai dengan minat masing-masing, misalnya: Sosiologi Keluarga, Sosiologi Pendidikan, Sosiologi Gender, Sosiologi Komunikasi, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Industri, Sosiologi Organisasi, Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Kependudukan, Sosiologi Politik, Sosiologi Hukum, Sosiologi Agama, dan Sosiologi Budaya.

 

Lulusan jurusan Sosiologi diharapkan dapat mendayagunakan konsep dan teori-teori sosial untuk kepentingan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan penyusunan kebijakan. Peluang karir bagi lulusan sosiologi antara lain adalah: jurnalis/wartawan,  hubungan masyarakat, ahli pemberdayaan masyarakat, konsultan perencanaan pembangunan dan kebijakan publik, ahli pengembangan sumber daya manusia dan dosen juga peneliti.

 

Salah satu sosiolog yang terkenal di Indonesia adalah Bapak Imam Prasodjo. Selain menjadi dosen tetap fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP) Universitas Indonesia, beliau juga menjadi ketua Yayasan Nurani Dunia, sebuah yayasan yang berkecimpung dalam bidang sosial dan pendidikan bagi kalangan yang kurang mampu dari segi ekonomi. Yayasan ini berperan aktif menyediakan solusi untuk para korban kerusuhan di Poso, yaitu memberikan beasiswa kepada kaum muda di Poso supaya dapat menlanjutkan pendidikannya. Beliau sering muncul sebagai narasumber di berbagai acara TV dan seminar, pernah juga menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat masa bakti 1999-2004.

 

 

Referensi:

http://sosiologi.umm.ac.id/home.php?lang=id

http://www.fisip.unair.ac.id/index.php?view=article&catid=23%3Aprodi-sosiologi&id=90%3Adeskripsi-matakuliah-program-studi-&option=com_content&Itemid=107

http://fajar-aryanto.blogspot.com/2009/10/imam-b-prasodjo-pengamat-sosial.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 45
Yesterday: 112
This Week: 544
Last Week: 845
This Month: 1033
Last Month: 22042
Total: 836039
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi