0828-9405-9829

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan kebutuhan akan teknologi semakin tinggi. Jurusan Sistem Informasi merupakan jurusan yang mendidik mahasiswanya untuk menciptakan sebuah sistem atau jaringan yang terkomputerisasi, sebagai solusi dari tuntutan perkembangan teknologi tersebut. Selain efektif dan efisien, sistem yang terkomputerisasi dapat mengurangi penggunaan kertas (paperless), serta meminimalisir human error.

Dalam jurusan ini, mahasiswa diajarkan cara memanajemen sistem, mengubah sistem, merancang sistem berbasis objek dan data, memahami alogaritma, serta menganalisis basis data. Mahasiswa jurusan ini, akan dibagi lagi dalam penjurusan yang lebih mendalam, seperti E-business, Database, Akuntansi, dan CIS (Carrier and Interconnection). Dalam penjurusan E-business, mahasiswa diajarkan untuk membuat pengaturan terhadap perusahaan atau organisasi secara online. Dewasa ini, perusahaan-perusahaan mulai menggunakan media online, seperti website serta media sosial, terutama dalam bidang marketing. Berbeda dengan penjurusan E-business, dalam penjurusan Database, mahasiswa diajak untuk merancang database yang dimiliki ke dalam suatu sistem teknologi informasi. Penjurusan Akuntansi pun berbeda, penjurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk memanfaatkan program komputer seperti SAP (System Application and Product in data processing). SAP merupakan software yang saat ini mulai digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mendukung integrasi proses bisnis. Sedangkan penjurusan CIS, mengajarkan  mahasiswa berpikir untuk merancang sistem yang akan diterapkan dalam perusahaan.

Jurusan Sistem Informasi mendidik mahasiswa untuk berpikir secara logis, di mana mahasiswa diajak untuk memecahkan sebuah kasus dengan membuat suatu sistem sebagai bentuk pemecahan kasus. Begitupun pula dalam prakteknya, mahasiswa dididik untuk mampu menguasai pemrograman dalam sistem komputerisasi.

Lulusan jurusan Sistem Informasi berpotensi menjadi System Application Analyst, Programmer, Database Administrator, System Development Manager, Hardware and Software Integrator, Software Development Manager, MIS Manager, Web Programmer, Web Master, Network Administrator.