Indonesia memiliki keanekaragaman daya tarik wisata yang mengagumkan. Tidak heran jika setiap tahunnya sanggup menarik jutaan wisatawan baik asing maupun domestik setiap tahunnya.

Kebutuhan industri/pasar menjadi pemicu berbagai universitas dan akademi di Indonesia mendirikan jurusan Pariwisata dan Perhotelan. Jurusan ini diharapkan menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kompetensi di bidang perhotelan.

Jika kamu ingin bekerja di hotel, suka dengan hal-hal yang berkaitan tentang perjalanan pariwisata, mahir berbahasa Inggris, dan terampil mengaplikasikan kemampuan perhotelan, sebaiknya kamu pilih jurusan Perhotelan.

Berbagai mata kuliah khusus berkaitan dengan perhotelan yang diberikan dalam jurusan ini, antara lain:

1.       House Keeping

Mata kuliah ini akan mengajarkanmu cara memaksimalkan pengelolaan seluruh sumber daya yang ada secara efektif dan efisien, guna mendukung visi dan misi hotel untuk menyajikan produk dan pelayanan kepada tamu.

Sasaran dari materi house keeping adalah menjaga kebersihan, kerapian, serta kenyamanan bagi tamu yang menginap. Hal ini dilakukan dengan cara:

  • Mempersiapkan dan membersihkan kamar-kamar hotel, misal: belajar memasang bed cover dan sprei dengan baik dan benar, membersihkan isi kamar dengan detail.
  • Membuat laporan housekeeping.
  • Melaporkan fasilitas kamar yang harus diperbaiki atau diperbaharui.

2.       Front Office

Front Office adalah bagian pusat informasi yang berfungsi untuk menerima tamu dan melayani dengan baik sampai proses pemesanan kamar dilakukan. Di mata kuliah ini kamu akan belajar:

  • Menerima tamu dengan baik dan sesuai dengan kode etik.
  • Memberikan informasi mengenai fasilitas hotel dan jenis kamar yang tersedia.
  • Membuat daftar pesanan kamar yang sudah dipesan dan menghubungi housekeeping untuk mempersiapkan kamar.
  • Menerima complain tamu dan melaporkan komplain pada manajer operasional.
  • Menerima pembayaran dari tamu.

3.       Food and Beverages

Food and beverages adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap pelayanan makanan dan minuman, serta kebutuhan lain yang terkait, dengan para tamu yang tinggal, maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut,serta dikelola secara komersial serta profesional.

Mata kuliah ini memberikan ilmu dan praktik dalam tata hidangan makanan dan minuman. Food and Beverage merupakan bagian yang memproduksi, menyajikan, dan menjual makanan serta minuman. Tak usah khawatir, karena mata kuliah ini semuaakan dipelajari mulai dari nol. Bagi yang tidak terbiasa dengan memasak, kamu akan belajar mulai dari teknik dasar memasak. Bagi kamu yang mahir dan hobi memasak, tentunya kamu akan menyukai mata kuliah ini.

 4.       Pastry dan Bakery

Pastry and Bakery adalah saah satu pengolahan dan penyajian makanan, khususnya mengolah dan menyajikan berbagai jenis kue. Kamu akan mempelajari tentang seluk beluk pengolahan sampai penyajiankue, roti, cake, pastry, dan cookies.

5.       Akuntansi Hotel

6.       Pengantar Bisnis dan Manajemen

7.       Bahasa Inggris

Kamu akan diperlengkapi dan dipersiapkan untuk bekerja di sektor perhotelan mulai dari manajemen, pelayanan kepada tamu, sampai cooking class. Kamu bisa menjadi staff di Front Office Department, House Keeping Department, Food and Beverage Department, Banquet and Convention Department, Hotel’s Department Supervisor, Restaurant Manager, dan lain sebagainya. Selain itu kamu akan dilatih keterampilan di bidang restoran, bar, receptionist, tata graha, tata boga, patiseri, serta kasir. Diharapkan lulusan menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin dan mampu memecahkan masalah yang terjadi di lingkungan kerjanya.

Tentunya jurusan ini membutuhkan tingkat soft skill yang cukup tinggi, karena mayoritas sistem belajarnya adalah praktik. Gelar kelulusan jurusan Perhotelan untuk program studi D3 adalah Ahli Madya (A. Md).

 

Referensi:

http://perhotelan.petra.ac.id/  [diakses 4 September 212]
http://manajemen.feb.unair.ac.id/program-studi-d3/d3-perhotelan  [diakses 4 September 212]
http://www.spb-bali.com [diakses 4 September 2012]