Peradaban manusia yang berkembang semakin modern dan jumlah penduduk yang meningkat pesat seringkali membawa dampak yang kurang baik dan menimbulkan berbagai permasalahan baru, misalnya kesenjangan ekonomi, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang, tidak efisiennya sistem pemerintahan, hingga masalah lingkungan yang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat dan perencanaan yang matang dalam membangun sebuah kota/wilayah. Dari situlah muncul ilmu bernama Planologi yang berasal dari bahasa Belanda Planologie yang berarti ilmu merencana.

Planologi atau yang biasa dikenal sebagai Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai perencanaan sebuah wilayah/kota, ditinjau dari segi pembangunan fisik, sosial, dan ekonomi. Jurusan Planologi adalah titik persilangan dari ilmu teknik, sosial, dan perancangan (desain). Oleh karena itu ada banyak hal yang dipelajari, mulai dari statistika, tata guna lahan, perancangan kota, pembiayaan bangunan, manajemen transportasi, kependudukan, dan analisis sumberdaya lingkungan.

Pada umumnya mata kuliah dan hal-hal yang dipelajari di jurusan Planologi di setiap universitas tidak jauh berbeda. Ada banyak mata kuliah yang bisa dipilih. Sebaiknya mahasiswa memilih mata kuliah yang menjadi peminatan/konsentrasi masing-masing. Beberapa peminatan yang ada di jurusan Planologi antara lain:

  1. Kajian Wilayah dan Pedesaan
  2. Perancangan Kota
  3. Real Estate
  4. Sistem Infrastruktur

Mahasiswa Planologi diharapkan mempunyai kemampuan analitis yang tajam dan skill komunikasi yang baik. Kemampuan analitis berguna untuk menentukan perencanaan yang sesuai dengan kondisi dan situasi di wilayah yang ingin dibangun, sedangkan skill komunikasi dibutuhkan untuk mempresentasikan dan “menjual” rancana yang sudah dibuat. Lalu, apakah mahasiswa Planologi dituntut untuk bisa menggambar? Tidak, yang penting memiliki daya imajinasi dan kreativitas. Namun, kemampuan menggambar tentu saja akan menjadi poin lebih yang bisa menguntungkan.

Prospek karir bagi lulusan jurusan Planologi sangat luas. Lulusan Planologi banyak dibutuhkan baik di instansi-instansi pemerintahan seperti Bapenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Perhubungan, Dinas Tata Kota, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) serta BPPT (Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi). Instansi-instansi swasta dan BUMN yang bergerak di bidang konsultan teknik dan perencana, developer, jasa penilai properti, kontraktor, serta LSM juga banyak membutuhkan lulusan Planologi.

 

Referensi:

http://binderbiru.blogspot.com/2010/11/jurusan-perencanaan-wilayah-dan-kota.html

http://teknik.unpas.ac.id/teknik-planologi/

http://www.jurusankuliah.net/2013/03/review-jurusan-perencanaan-wilayah-dan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *