0828-9405-9829

Jurusan Pendidikan Matematika diselenggarakan guna membentuk dan mencetak tenaga pengajar Matematika yang handal. Di jurusan ini, mahasiswa belajar mengenai dasar-dasar matematika, mulai dari aljabar, kalkulus, geometri, statistika, serta dasar-dasar MIPA (Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika Dasar). Yang membedakan antara jurusan Pendidikan Matematika dengan jurusan Matematika terletak pada mata kuliah yang diperoleh para mahasiswa, yakni materi kuliah tentang cara mengajar yang baik serta pengetahuan akan peraturan, kebijaksanaan, dan perkembangan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan studi. Jurusan ini juga memacu mahasiswa untuk mengalami proses belajar yang melatih mahasiswa supaya mampu mengelola kelas dengan baik, mampu menguasai materi dan menciptakan inovasi pembelajaran sehingga siswa tertarik dalam belajar, serta pembekalan berbagai ilmu supaya menjadi guru Matematika yang kreatif, aktif, serta inovatif.

Menurut penuturan salah seorang lulusan Pendidikan Matematika di sebuah universitas negeri di Jawa Tengah, mahasiswa juga diperlengkapi dengan program pembelajaran tentang komputer/program yang bermanfaat untuk pendidikan selama tiga semester. Jurusan Pendidikan Matematika dikenal dengan metode belajar yang efektif dan fleksibel. Pada umumnya metode pembelajaran jurusan ini disesuaikan oleh dosen pengajar masing-masing mata kuliah Metode pembelajaran tersebut, di antaranya Reciprocal Teaching, Think Paired Share (TPS), PBL, ekspositori dan lain sebagainya, tapi cenderung dominan praktek untuk meningkatkan keterampilan mengajar para mahasiswa.

Jika pada jurusan lainnya memiliki keunikan, maka jurusan Pendidikan Matematika pun memiliki keunikan tersendiri, yakni dibukakannya wawasan mengenai aplikasi Matematika bagi kehidupan sehari-hari, salah satunya saat belajar Geometri Non Euclid. Mata  kuliah ini membuka tabir keajaiban Tuhan mengenai alam semesta.

Setelah lulus dari jurusan ini, mahasiswa akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Prospek karir yang dapat dijadikan pilihan mengembangkan karir lulusan Pendidikan Matematika, di antaranya menjadi guru Matematika di SMP/SMA/SMK, pengajar di lembaga pendidikan Matematikan/Bimbingan Belajar, pegawai negeri sipil, bahkan dosen (setelah menempuh studi lanjut di S2). Selain itu, lulusan juga bisa bergabung di dunia perbankan, perusahaan (baik milik negara maupun swasta), Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pusat Statistik, dan lain sebagainya. Beberapa lembaga non pendidikan bisa menerima lulusan Pendidikan Matematika karena jurusan ini juga mengajarkan mata kuliah Statistika dan cara menganalisis data yang juga dibutuhkan perusahaan-perusahaan.