0828-9405-9829

Sesuai namanya, jurusan ini menghasilkan tenaga-tenaga pendidik yang islami di jenjang sekolah dasar atau biasa dikenal dengan Madrasah Ibtidaiyah.

Jurusan ini mulai diberlakukan sebagai bagian dari pendidikan Strata Satu mulai 2005. Kala itu, pemerintah mulai memberlakukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. Titik penting UU tersebut adalah adanya keharusan semua guru merupakan lulusan Strata 1. Pemerintah pun menghentikan pengadaan program Diploma II bidang Kependidikan.

Tujuannya adalah tercapainya lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu pendidikan dan kegurusan di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Selain itu, lulusan diharapkan mampu mengembangkan sikap dan kepribadian guru Madrasah Ibtidaiyah yang dilandasi pemahaman, keterampilan berkarya secara profesional, serta keterampilan bermasyarakat pada masyarakat modern dan majemuk.

Contoh kurikulum jurusan Pendidikan Guru MI bisa dilihat di http://www.stain-pekalongan.ac.id/phocadownload/mk%20prodi%20pgmi.pdf

 

Referensi:

http://fitk.uin-malang.ac.id/profil-prodi-pgmi (diakses pada 16 Februari 2015)

http://tarbiyah.stainsalatiga.ac.id/program/pendidikan-guru-madrasah-ibtidaiyah/ (diakses pada 16 Februari 2015)