Kompetensi Utama
1) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah kependidikan biologi
2) Menguasai konsep teoritis bidang pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi

Cerita Alumni
1. Andis Rinjani Vicaningtyas (Angkatan tahun 2004, lulus Agustus 2008, IPK 3.24)
– Setelah lulus mengajar di Lembaga Bimbingan Belajar NEUTRON Yogyakarta untuk mata pelajaran Biologi kelas 3 SMP dan 1,2,3 SMA.

– KESAN : Belajar di Jurusan Biologi FMIPA Unnes dapat memberikan bekal sebagai pengajar yang berkualitas, dan mendapat skill bidang bioedutainment maupun pembuatan produk bioteknologi yang dapat diterapkan di luar kegiatan mengajar.
Kurikulum yang diterapkan mendukung penyelesaian studi tepat waktu.
Dosen-dosennya professional di bidangnya, sarana dan prasarana terutama laboratorium cukup memadai.

– PESAN : masih perlu penambahan koleksi perpustakaan dan peralatan laboratorium, dan penambahan materi praktikum yang mengikuti perkembangan IPTEK (berdasarkan pengamatan ybs sebelum lulus 3 tahun yang lalu). Kinerja dosen dalam pelayanan dan pembimbingan mahasiswa agar dipertahankan, atau bila memungkinkan dapat ditingkatkan.

2. Novi Nur Rahmawati (Angkatan tahun 2007, lulus Agustus 2011, IPK 3.46)
– Setelah lulus mengikuti Program SM3T (Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar dan Terdalam) dan ditempatkan di Aceh Besar, Kecamatan Seulimuem, SD 2 Tanoh Abee)

– KESAN : Belajar di Jurusan Biologi FMIPA Unnes sangat menyenangkan, banyak ilmu yang didapat, kompetensi dosen sangat mendukung kompetensi dan profesionalitas alumni di dunia kerja.

– PESAN : agar dapat diperbanyak mata kuliah yang berhubungan dengan laboratorium yang dapat menjadi bekal bagi lulusan di masa depan.

 

Referensi: Pendidikan Biologi (S1) – Universitas Negeri Semarang

One thought on “Pendidikan Biologi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *