0828-9405-9829

Bidan adalah sebutan bagi seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan – yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar (registered) dan atau memiliki ijin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan (definisi menurut International Confederation of Midwives).

Jurusan Pendidikan Bidan adalah wadah untuk mempelajari bidang ilmu kebidanan, yaitu ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi-fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan/dukungan pada perempuan, keluarga, dan komunitasnya.

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di Pendidikan Kebidanan:

  1. Konsep Kebidanan. Membahas tentang konsep kebidanan yang meliputi filosofi dan konseptual kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, perkembangan profesi bidan, pelayanan kebidanan dan pendidikan Bidan secara nasional dan internasional, pengembangan karir dan sistem penghargaan bagi bidan.
  2. Asuhan Kebidanan pada Ibu. Membahas tentang penerapan asuhan kebidanan pada wanita pra perkawinan, kehamilan, persalinan, nipas dan bayi baru lahir, komplikasi, risiko tinggi dan patologi dengan pendekatan manajemen kebidanan.
  3. Asuhan Kebidanan pada Anak. Membahas tentang pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak balita, kelainan-kelainan penyakit yang lazim timbul dan cara penanganan, pertolongan pertama pada keadaan kelukaan dan kecelakaan.
  4. Komunikasi Kebidanan. Membahas tentang konsep dasar komunikasi, hubungan antar manusia, komunikasi terapetik dalam asuhan kebidanan, memberikan latihan berkomunikasi, dan menumbuhkan rasa percaya diri.
  5. Praktik Kebidanan. Melaksanakan pelayanan kebidanan secara aktif, akurat, dan aman di bawah bimbingan. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis secara kritis, mengusulkan bentuk dan menerapkan pelayanan kebidanan yang sesuai kebutuhan, mengidentifikasi peranan bidan, menjelaskan hubungan kerja antar bidan dengan tenaga kesehatan lainnya serta bidan dengan masyarakat.

Untuk menjadi seorang bidan, selain dituntut untuk menguasai ilmu-ilmu kebidanan, juga dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Setelah lulus dari Pendidikan Bidan, para lulusan diharapkan bisa melaksanakan praktik kebidanan yang bertujuan untuk menurunkan/menekan mortalitas dan morbilitas ibu dan bayi berdasarkan ilmu-ilmu kebidanan, kesehatan, medis dan sosial untuk memelihara, meningkatkan, dan melindungi kesehatan ibu dan janin/bayinya.

 

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Bidan

http://id.wikipedia.org/wiki/Kebidanan

http://pwkjurbidkar.wordpress.com/publikasi/kebidanan/

http://ilmusekolahgratis.blogspot.com/2013/06/mata-kuliah-jurusan-kebidanan.html#ixzz2mZPATVig

2 thoughts on “Pendidikan Bidan”

  1. Assalamualaikum. Saya mahasiswa D3 Kebidanan di Akkes Pemkab Aceh Utara. Kalau mau melanjutkan S1 kebidanan di Universitas Airlangga melalui beasiswa, caranya gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *