0828-9405-9829

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terbentang di sepanjang garis khatulistiwa, menyimpan berbagai potensi kekayaan, baik kekayaan alam maupun keragaman budaya. Sebagian kekayaan tersebut sudah dimanfaatkan dalam sektor pariwisata, namun ternyata masih banyak kekurangan dalam sistem pengelolaannya sehingga tidak berjalan optimal. Padahal, apabila dikelola dengan baik, segala potensi alam dan kebudayaan Indonesia dapat menjadi sumber keuntungan yang besar, baik bagi pihak pengelola, masyarakat sekitar, bahkan negara.

Buat kamu yang tertarik dan tergerak untuk ikut andil memajukan sektor pariwisata Indonesia, tidak ada salahnya jika memilih jurusan Pariwisata. Jurusan ini khusus mempelajari tentang seluk-beluk industri pariwisata, mulai dari dasar-dasar operasional institusi, manajemen usaha, teori dan praktik memandu wisatawan, manajemen transportasi, geografi pariwisata Indonesia dan internasional. Karena profesi di bidang ini banyak yang berhubungan dengan bisnis, banyak program studi pariwisata yang memasukkan mata kuliah bisnis seperti akuntansi dan hukum bisnis. Tentu saja bahasa asing juga penting. Setiap mahasiswa harus memilih minimal satu bahasa asing yang ditekuni; biasanya pilihannya adalah bahasa Inggris, Perancis, Jepang, dan Mandarin.

Di jurusan Pariwisata, teori dan praktik diajarkan dengan seimbang. Kegiatan praktik biasanya dilaksanakan dalam bentuk kuliah lapangan, pembelajaran di laboratorium bahasa dan komputer, dan kegiatan magang di industri pariwisata.

Pada umumnya, jurusan ini memiliki dua peminatan, yaitu Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata. Kompetensi yang diharapkan dari lulusan jurusan Pariwisata antara lain mampu memberikan jasa di usaha perhotelan dan perjalanan wisata secara professional.

Lulusan jurusan Pariwisata memiliki peluang untuk bekerja baik di dalam maupun di luar negeri. Berbagai contoh profesi di bidang ini adalah tour guide, agen travel, staf dinas pariwisata pemerintah daerah, event organizer, dan juga staf restoran, maskapai penerbangan maupun kapal pesiar.

 

Referensi:

http://fib.ugm.ac.id/index.php?action=generic_content.main&id_gc=220

http://www.fisip.unair.ac.id/index.php?option=com_content&view=category&id=34&Itemid=120

http://mulin10.staff.ub.ac.id/files/2013/08/kURIKULUM-PARIWISATA.pdf

6 thoughts on “Pariwisata”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *