0828-9405-9829

Nautika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengemudikan kapal laut. Orang yang mengambil jurusan Nautika disebut sebagai taruna. Taruna jurusan Nautika dididik agar memiliki kompetensi sebagai perwira jaga navigasi di wilayah perairan samudera, penanganan dan pengaturan muatan, serta pengendalian kapal.

Lulusan Nautika dapat berprofesi sebagai nahkoda atau mualim. Nahkoda adalah penanggungjawab tertinggi di atas kapal dan bertugas membawa kapal beserta seluruh penumpang dan muatannya dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain dengan selamat. Mualim atau asisten nahkoda dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  • Mualim I: Wakil nahkoda sekaligus bertanggungjawab atas seluruh kegiatan di atas kapal, termasuk bongkar-muat barang di kapal.
  • Mualim II: Perwira Navigasi dan Radio, bertanggungjawab pada kesehatan awak kapal.
  • Mualim III: Perwira Keselamatan yang bertanggungjawab atas alat-alat keselamatan di atas kapal seperti sekoci, alat-alat pemadam kebakaran, dan pelampung.

Selain profesi di atas, lulusan Nautika juga dapat memilih profesi sebagai tim SAR, operator vessel traffic information service, supervisor bongkar muat, marine surveyor, port captain/superitendant, HRD shipping company, pandu kapal, dosen/pengajar, atau aparatur negara.

 

 

Referensi:

http://poltekpel-sby.ac.id/index.php/jurusan/poltekpel/DIII-Nautika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *