Apakah kamu punya hobi membuat animasi? Suka mengotak-atik desain website agar tampak lebih menarik? Atau punya mimpi bekerja di perusahaan advertising dan membuat iklan-iklan yang keren atau bahkan film? Jurusan Multimedia adalah jurusan yang tepat untuk kamu.

 

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video sehingga pengguna dapat menikmati sebagai hiburan, berinteraksi, dan berkomunikasi. Jurusan multimedia dirancang khusus untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan di dalam bidang desain serta implementasi multimedia. Kurikulumnya menawarkan berbagai mata kuliah yang membuat mahasiswa jurusan ini unggul dalam bidang desain web, pembuatan game, pemodelan objek dan animasi 3D, film animasi, serta penggunaan media dalam berbagai aplikasi.

Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang ditawarkan dalam kurikulum jurusan Multimedia:
1. Animasi
Mempelajari pembuatan animasi baik 2D maupun 3D yang dapat digunakan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website, bahkan film.
2. Desain dan Pemrograman Website Dinamis
Mempelajari cara mendesain website dan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction agar website mudah digunakan.
3. Desain Grafis
Mempelajari konsep-konsep dasar tentang desain dan penggunaan tools untuk desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw).
4. Video dan Sound Editing
Mempelajari cara mengedit video dan audio serta bagaimana menggabungkannya dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau program lain (iklan, game, company profile).

Untuk dapat berhasil dalam bidang multimedia, kita dituntut memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Keahlian menggambar, walaupun tidak diwajibkan, akan menjadi nilai plus karena dapat memudahkan kita untuk memvisualisasikan ide-ide kreatif yang kita miliki.

Multimedia dapat dimanfaatkan dalam banyak bidang, terutama di bidang industri, periklanan dan bahkan pendidikan. Lulusan jurusan Multimedia pun memiliki peluang karir yang sangat luas, misalnya dengan menjadi graphic designer, multimedia developer, web designer, web developer, 2D/3D animator, games developer, video/sound engineer. IT programmer, dan praktisi di bidang periklanan atau production house.

Banyak sekali animator dan CG (Computer Graphic) artist Indonesia yang telah berkiprah hingga ke dunia internasional, misalnya Michael Reynold Tagore (salah satu animator film The Hobbit, The Avengers, dan Iron Man 3), Marsha Chikita Fawzi (salah satu animator Upin-Ipin), serta Griselda Sastrawinata (bekerja di studio animasi internasional Dreamwork, menjadi salah satu animator film Shrek, Kungfu Panda, dan Madagascar).

 

Referensi:

https://www.ubaya.ac.id/courses/pk_multimedia/0/Program-Kekhususan-Multimedia.html

http://www.kaskus.co.id/thread/51aa30361dd7198b32000002/inspiratif-9-animator-anak-negeri-tembus-level-dunia/1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *