Apa yang terbayang di benak kamu ketika mendengar tentang jurusan Matematika? Rumit, memusingkan, atau mungkin justru penuh tantangan?

 

Jurusan Matematika memang seringkali dianggap terlalu sulit atau bahkan membosankan karena hanya berkutat dengan rumus-rumus, dan prospek karirnya pun masih sangat sedikit. Pendapat tersebut tidaklah benar. Jurusan Matematika mempelajari banyak hal lain yang lebih dari sekadar perhitungan rumus-rumus. Berikut adalah beberapa peminatan yang ada dalam kurikulum Jurusan Matematika:

  1. Matematika Murni. Mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Biasanya dibedakan lagi menjadi matematika analisis dan geometri, serta matematika diskrit dan aljabar.
  2. Statistika. Mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisis data. Dari data tersebut kemudian dapat ditarik kesimpulan dan keputusan untuk menyelesaikan suatu masalah.
  3. Komputasi/Pemrograman. Mempelajari ilmu matematika yang dapat diaplikasikan dalam ilmu komputer.
  4. Aktuaria. Mempelajari pengaplikasian ilmu matematika, keuangan, dan statistika untuk penyelesaian persoalan bisnis dan menganalisis risiko, misalnya untuk menentukan rate premi asuransi. Orang yang ahli dalam bidang ini disebut aktuarius.
  5. Riset Oprasi. Merupakan cabang multi-disiplin ilmu matematika terapan yaitu pemodelan matematika, statistika, dan alogaritma untuk memperoleh hasil optimal dari sebuah permasalahan nyata, misalnya untuk memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan kerugian. Ilmu ini dapat diterapkan pada manajemen perusahaan ataupun mesin-mesin industri.

Kamu bisa memilih peminatan yang sesuai keinginan dan kemampuan kamu. Jika kamu merasa memiliki kemampuan analisis yang kuat dan ingin mengembangkan ilmu matematika, pilihlah peminatan matematika murni. Jika kamu menyukai matematika yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata, pilihlah peminatan matematika terapan seperti statistika, komputasi, aktuaria, atau riset oprasi. Peminatan ini biasanya dimulai di semester kelima.

Ilmu matematika dapat dimanfaatkan di berbagai macam bidang. Oleh karena itu, peluang kerja bagi lulusan matematika pun sangat luas. Tidak hanya sebagai dosen atau peneliti saja, tetapi juga bisa bekerja di berbagai industri, perusahaan, dan instansi sebagai ahli statistik, aktuaris, ahli pemrograman komputer, pengembang software, dan konsultan bisnis.

 

Referensi:

http://prospektus.its.ac.id/matematika.html

http://math-melody.blogdrive.com/archive/41.html

http://amriilmma.blogspot.com/2010/08/matematika-apa-bagaimana-dan-mau-jadi.html