Manajemen merupakan bagian dari ilmu ekonomi dan bisnis yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya suatu perusahaan atau organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan konsep dan metode bisnis. Bidang kajiannya mencakup perancangan dan pengelolaan aktivitas dari sumber daya manusia, keuangan, operasional, pemasaran, dan aspek teknologi untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi serta beradaptasi terhadap perubahan dunia bisnis dan ekonomi.

Pada umumnya, jurusan Manajemen memiliki tiga peminatan, yaitu:

  • Manajemen Pemasaran

Mempelajari tentang penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar. Contoh mata kuliahnya antara lain Perilaku Konsumen, Riset Pemasaran, Manajemen Ritel, dan Pemasaran Jasa.

  • Manajemen Keuangan

Mempelajari tentang perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian, dan penyimpanan dana yang dimiliki suatu perusahaan/organisasi. Contoh mata kuliahnya antara lain Manajemen Portofolio dan Sekuritas, Riset Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, dan Manajemen Keuangan Syariah.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Mempelajari cara mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Contoh mata kuliahnya antara lain Manajemen Kinerja, Riset SDM, Perencanaan SDM, dan Manajemen Konflik.

Jika kamu tertarik mempelajari bisnis dan alokasi sumber daya, pilihlah jurusan Manajemen. Kompetensi yang harus dipersiapkan sebelum memilih jurusan ini tidak terlalu spesifik, yang terpenting memiliki minat pada semua aspek manajemen. Walaupun termasuk bagian dari ilmu ekonomi, jurusan Manajemen tidak mempelajari pembukuan secara mendalam, hanya dasar-dasarnya saja. Jurusan ini lebih menekankan pada cara mengurus (to manage) sebuah perusahaan/organisasi.

Peluang kerja lulusan Manajemen sangat luas dan relatif strategis. Karena dibekali dengan ilmu manajerial, lulusan jurusan ini banyak bekerja sebagai manajer perusahaan di barbagai macam bidang, baik swasta, BUMN, maupun pemerintahan. Tanggung jawabnya antara lain mengelola anggaran, memastikan keamanan investasi, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan, dan mengalokasi sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Selain itu, lulusan Manajemen juga berpeluang besar menjadi seorang entrepreneur, pimpinan perusahaan/organisasi, konsultan bisnis, bagian HRD, atau bagian operations.

Referensi:

http://ekonomi.unpam.ac.id/prodi-manajemen-pendahuluan/kurikulum.html

http://www.hotcourses.co.id/subject/management/

http://www.fe.trisakti.ac.id/manajemen_sekilas.php

5 thoughts on “Manajemen”

  1. saya ingin bertanya saya mau kuliah S2 kalo bisa dengan beasiswa kira-kira kampus mana ya yang memberikan beasiswa untuk S2 ???

  2. Mohon maaf. Saya mau bertanya di Universitas Anda ada jalur beasiswa apa saja? Karena saya ingin masuk di Universitas Anda yang ada jurusan Manajemen.
    Maaf saya kurang paham tentang pendaftarannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *