Manajemen rekayasa adalah gabungan antara ilmu teknik dengan ilmu bisnis manajemen. Aspek ilmu teknik dari manajemen rekayasa meliputi penerapan matematika dan IPA dalam pengembangan teknologi, proses manufaktur atau operasional pabrik dan proyek-proyek keteknikan. Sedangkan aspek manajemen yang diterapkan adalah manajemen proyek dan tenaga keteknikan untuk memastikan kelancaran proyek-proyek yang diatasi. Kombinasi antara manajemen dan teknik dirasa perlu di dunia perindustrian, karena tenaga keteknikan membutuhkan bimbingan dari seorang manajer yang memahami proses-proses keteknikan dan faktor-faktor bisnis yang terkait.

Dunia perindustrian mengenal proses hulu sampai hilir. Di bagian hulu yang perlu dipelajari mulai dari proses inovasi, inisiasi, dan perancangan. Di bagian tengah ada proses operasional di mana ide-ide perancangan diimplementasikan dan dioptimalkan. Di bagian hilir adalah pemasaran dan konsumsi oleh masyarakat. Seorang ahli Manajemen Rekayasa diharapkan dapat menjadi pengambil keputusan untuk tim dan organisasi, dan menyelesaikan persoalan-persoalan dari seluruh proses dari hulu sampai hilir, termasuk aspek SDM.

Program Studi S1 Manajemen Rekayasa di Universitas Internasional Semen Indonesia.

Jika kamu memilih jurusan Manajemen Rekayasa di UISI, maka kamu akan sekaligus mendapatkan ilmu dan penerapan seputar industri semen, karena UISI ada di bawah naungan produsen semen terbesar di Indonesia — PT. Semen Indonesia.

Beberapa yang perlu dipelajari di jurusan Manajemen Rekayasa:

  1. Project Management
  2. Perencanaan dan Strategi Bisnis
  3. Manajemen Rekayasa Industri
  4. Manajemen Teknologi
  5. Manajemen Resiko
  6. Pengembangan Usaha,
  7. Manajemen Proyek dan Sistem Pemeliharaan

Peluang karir yang dapat kalian ambil meliputi:

  • Sebagai profesional, entrepreneur, ataupun konsultan di bidang inovasi produk, pengembangan bisnis, proses produksi, penerapan teknologi baru dan pembaharuan sistem-sistem manajemen pada berbagai sektor industri.
  • Peneliti/akademisi di bidang penelitian dan pengembangan (R&D), bidang energi, penelitian terapan, pengembangan, perancangan implementasi dalam proses manufaktur, pemasaran teknologi, perawatan dan perbaikan serta transfer teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *