0828-9405-9829

Menurut kalian, jurusan apa yang identik dengan sektor pendidikan? Pasti banyak dari kalian yang menjawab “Guru”. Tapi, tahukah kalian kalau ternyata banyak jurusan lain yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Salah satunya adalah jurusan manajemen pendidikan. Di setiap institusi pendidikan pasti ada staf selain guru – administrasi dan manajemen (kepala sekolah, rektor, personalia, teknologi informasi atau database siswa, dll).

Apa sih manajemen pendidikan? Manajemen pendidikan adalah suatu proses perencanaan, pengelolaan dan pengawasan aset dan infrastruktur untuk menunjang berjalannya program-program pendidikan yang efektif dan efisien. Mahasiswa jurusan manajemen pendidikan mempelajari tentang kebijakan dan manajemen pendidikan tinggi, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi dan komunikasi pendidikan, pengembangan kurikulum dan masih banyak lagi. Di Universitas Gadjah Mada jurusan ini memiliki 3 area peminatan, yaitu manajemen akademik pendidikan tinggi, manajemen fasilitas fisik dan informasi pendidikan tinggi, serta manajemen keuangan dan sumber daya manusia.

Lulusan manajemen pendidikan dapat menjadi tenaga pengelola pendidikan, antara lain: peneliti pendidikan, pengembang kurikulum, dan pengawas pendidikan seperti kepala sekolah, dekan dan rektor. Selain itu, juga dapat menjadi tenaga penunjang pendidikan, antara lain: staf program pembelajaran, perancang media pendidikan, manajer administrasi pendidikan, dan tata usaha sekolah. Untuk profesi yang non-tradisional untuk lulusan manajemen pendidikan, ada profesi seperti konsultan pendidikan, wirausahawan di bidang pendidikan, atau staf di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Direktorat Pendidikan Tinggi, dan Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta).

 

Referensi:

Mata Kuliah Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Universitas Gajah Mada

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *