Siapa sih yang tidak kenal online shop jaman sekarang? Yup, tipe bisnis yang satu ini sedang berkembang pesat, tidak hanya di kalangan orang dewasa, tapi banyak pelajar atau mahasiswa sudah merambah ke bisnis online yang cukup mudah karena hanya bermodal gadget dan jaringan internet. Tapi justru kuncinya adalah pada trik pemasaran untuk mencetak penjualan yang bagus. Bisnis online mengandalkan visual dan media sosial untuk menarik peminat.

Dunia bisnis pada umumnya tidak terlepas dari pemasaran – tagline atau iklan yang menarik dan promosi di media sosial, contohnya. Manajemen Pemasaran adalah salah satu jurusan yang pas buat kamu yang ingin mendalami penyusunan strategi pemasaran yang mantap. Jurusan Manajemen Pemasaran menyiapkan lulusan yang siap kerja — program D3 atau D4 — sehingga akan mempelajari hal-hal tentang pemasaran yang praktis. Beberapa mata kuliah wajib adalah periklanan, pemasaran international, akuntansi dan bahasa asing.

Kegiatan perkuliahannya akan sangat interaktif, karena akan banyak praktek yang kalian jalani. Salah satunya adalah proyek survei langsung ke lapangan mengenai topik yang telah ditentukan. Dari itu kalian akan mendapatkan pengalaman langsung dan belajar dari pelaku bisnis yang telah ada.

Lulusan Manajemen Pemasaran diharapkan mampu menangani pekerjaan manajerial dan teknis pemasaran, mengelola kegiatan penjualan baik ke konsumen langsung (Business-to-Customer atau B2C) maupun konsumen bisnis/industry (Business-to-Business atau B2B), serta memiliki jiwa kewirausahaan. Prospek karir yang ditawarkan jurusan ini juga bervariasi. Jika kalian ingin bekerja di perusahaan maka posisi yang ada adalah sales/marketing officer atau manager, marketing communication, digital marketing dan lain sebagainya.

Referensi:

DIII – Manajemen Pemasaran, Politeknik Negeri Bandung

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *