Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mentransfer ide dari satu individu atau kelompok ke individu dan/atau kelompok yang lain. Proses transfer tersebut dapat dilakukan melalui media tertulis, lisan, maupun media-media lain. Walaupun komunikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, ternyata tidak semua orang mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif. Karena itulah, kita perlu mempelajari ilmu komunikasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi pada umumnya memiliki beberapa peminatan, antara lain:

  1. Jurnalistik

Mempelajari cara dan keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan informasi dalam bentuk berita agar dapat diminati dan dinikmati oleh banyak orang.

  1. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Mempelajari komunikasi antara lembaga atau organisasi dengan orang-orang yang ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut.

  1. Penyiaran/Broadcast

Mempelajari pembuatan konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, terutama dalam media pertelevisian dan radio.

  1. Periklanan

Mempelajari konsep dan strategi dalam mempromosikan suatu barang atau jasa.

Peluang karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi sangat luas, antara lain dapat berprofesi sebagai jurnalis, reporter, script writer, produser acara, public relation, business communication, marketing, perencana periklanan, event organizer, copy writer, konsultan komunikasi, analis media, juru kamera, editor, desainer grafis, desainer web, animator, komunikasi visual, kolumnis, hingga akademisi.

 

Referensi:

http://soalsnmptn.blogdetik.com/2012/01/03/jurusan-ilmu-komunikasi/

http://ilmukomunikasifisip.wordpress.com/profil/

http://www.upnjatim.ac.id/index.php/features/style-variations