0828-9405-9829

Dunia perbankan merupakan salah satu bidang yang paling banyak dilirik oleh para pencari kerja di Indonesia. Orang-orang dengan berbagai macam latar belakang pendidikan berbondong-bondong melamar pekerjaan di bank. Ada beberapa yang beruntung dan diterima, tapi ada pula yang tidak karena dirasa belum bisa memenuhi kompetensi yang diharapkan dan tidak memiliki pengetahuan luas mengenai dunia perbankan.

Jurusan Keuangan dan Perbankan adalah jurusan yang fokus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan kerja di bidang keuangan dan perbankan. Di jurusan ini kamu dapat mempelajari tentang analisis kredit, pemasaran lembaga keuangan, akuntansi, auditing, perpajakan, hukum bisnis, administrasi perbankan, etika perbankan, komunikasi bisnis, hingga pelayanan nasabah.

Jurusan Keuangan dan Perbankan tersedia dalam jenjang D3 dan S1. Jenjang D3 memiliki porsi kuliah praktik yang lebih besar dibandingkan dengan kuliat materinya. Hal ini dikarenakan jenjang D3 lebih fokus mempersiapkan mahasiswanya untuk dunia kerja. Sementara di jenjang S1 kuliah praktik dan materi relatif seimbang. Jadi walaupun lebih fokus untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu perbankan secara lebih luas, bukan berarti lulusan S1 tidak siap kerja.

 Lulusan jurusan Keuangan dan Perbankan memiliki peluang kerja di bidang keuangan, bisnis, dan perbankan. Jadi, tidak hanya bisa bekerja di bank saja, tapi juga di lembaga keuangan lain serta berbagai macam perusahaan. Posisi pekerjaannya bisa sebagai tenaga administrasi, supervisor kredit, analis kredit, marketing, teller, customer service, valuta asing, pendanaan, ekspor-impor, atau pialang.

 

Referensi:

http://id.fe.uns.ac.id/?courses=d3-keuangan-perbankan

http://www.upnvj.ac.id/program-pendidikan-fakultas-ekonomi/perbankan-upn/matakuliah-d3-perbankan.html