Kuliah di jurusan Kedokteran Gigi akan mengantarmu meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S. KG). Namun, jika hendak mendapat ijin praktek klinik gigi, sebaiknya melanjutkan studi profesi agar gelar dokter gigi (drg) bisa kamu raih. Di jurusan ini, secara khusus kamu akan mendalami seluk-beluk kesehatan gigi.

Mata kuliah yang akan kamu dalami di jurusan ini, antara lain:

1. Prostodonsia

Prostodonsia adalah cabang ilmu Kedokteran Gigi yang dimaksudkan untuk meraestorasi dan mempertahankan fungsi rongga mulut, kenyamanan, estetika, serta kesehatan pasien dengan cara merestorasi gigi geligi asli dan/atau mengganti gigi-gigi yang sudah tanggal dan jaringan rongga mulut, serta maksilofasial yang sudah rusak dengan pengganti tiruan. Ilmu Prostodonsia meliputi:

  • Gigi Tiruan Cekat (GTC)
    Adalah pembuatan gigi tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang dan tidak dapat dilepas oleh pasiennya sendiri maupun dokter gigi karena dipasangkan secara permanen pada gigi asli yang merupakan pendukung utama dari restorasi.
  • Gigi Tiruan Sebagian Lepasan (GTS)
    Adalah gigi tiruan yang mengganti satu atau lebih gigi, tetapi tidak seluruh gigi asli dan/atau struktur pendukungnya, didukung oleh gigi dan/atau mukosa yang dapat dilepas dari mulut dan dipasangkan kembali.
  • Gigi Tiruan Lengkap (GTL)
    Adalah  pembuatan gigi tiruan lepasan yang menggantikan seluruh gigi geligi asli dan struktur pendukungnya, baik maksila maupun mandibula.

2. Penyakit Mulut

3. Ilmu Kesehatan Gigi Pencegahan dan Ilmu Kedokteran Gigi Masyarakat

Ilmu kesehatan gigi pencegahan dan ilmu kedokteran gigi masyarakat mencakup ilmu-ilmu dasar dan terapan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat, serta mencegah penyakit gigi dan mulut di masyarakat. Dengan bidang kajian yang tidak hanya meliputi individu, tetapi seluruh masyarakat, dibutuhkan kemampuan mengorganisir masyarakat dalam upaya proteksi spesifik dan promosi kesehatan gigi dan mulut, pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut seluruh keluarga, komunitas dan penduduk di suatu wilayah.

4. Biomedika Kedokteran Gigi

Mata kuliah ini mempelajari perkembangan teknologi kedokteran gigi, termasuk rekayasa peralatan dan bahan kedokteran gigi, serta ilmu dasar kedokteran gigi, meliputi mata kuliah sebagai berikut:

  • Teknologi Kedokteran Gigi
  • Dental Anatomi
  • Biokimia
  • Patologi Klinik
  • Farmakologi
  • Mikrobiologi
  • Fisiologi Oral

5. Ilmu Biomaterial Kedokteran Gigi

Ilmu yang mempelajari tentang struktur, komposisi, sifat, dan manipulasi material kedokteran gigi yang berkontak dengan jaringan keras/lunak tubuh manusia, berinteraksi dengan sistem biologis, untuk mengembalikan fungsi dan estetik di dalam suatu sistem stomatognatik. Dalam mata kuliah ini diuraikan pula mengenai perkembangan material, cara memilih, mengevaluasi, serta pemakaian material di bidang kedokteran gigi.

6. Ilmu Bedah Mulut

Bagian ini mempelajari beberapa aspek mengenai ilmu bedah mulut, baik bedah mulut mayor dan bedah mulut minor. Di dalamnya terdapat pekerjaan klinik dan pre klinik.

 

Referensi:

http://www.fkg.ui.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=85&Itemid=70 http://www.fkg.ugm.ac.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=7&Itemid=11