Hukum mengatur manusia dalam bertingkah laku. Jurusan Hukum diselenggarakan guna menolong manusia mendalami aspek hukum tersebut dalam tataran ilmu pengetahuan. Di jurusan Hukum, mahasiswa akan mempelajari aspek-aspek tersebut, di antaranya Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Kedokteran, dan masih banyak lagi.

“Belajar di jurusan Hukum itu sangat menarik, apalagi bagi orang-orang yang ingin mendalami hukum, yang juga menjadi pokok permasalahan di Indonesia.” menurut tuturan salah seorang mahasiswa aktif jurusan Hukum sebuah universitas negeri di Jawa Tengah. Dengan melanjutkan studi di jurusan ini, kamu akan dapat mengerti aturan–aturan hukum yang berlaku di Indonesia karena mayoritas masyarakat Indonesia tidak mengerti sama sekali tentang hukum sehingga menjadi obyek “permainan hukum”.

Metode belajar di kampus memang didominasi pendalaman teori dan konsep, tetapi di akhir semester jelang akhir studi, mahasiswa akan banyak mendapat kesempatan untuk praktek, misalnya beracara di pengadilan. Tidak ada hal yang terlalu menjadi tantangan berat untuk kuliah di jurusan hukum, yang penting kamu mau belajar teori dan praktek hukum yang sedang berkembang, serta mau mengamati masalah-masalah hukum yang sedang berkembang di dalam negeri.

Prospek karir lulusan jurusan Hukum pun sangat luas karena pada prinsipnya tidak ada kegiatan apapun yang dilakukan manusia, tanpa ada hukum yang mengaturnya, Selalu ada. Jadi, seorang Sarjana Hukum bisa bekerja di sektor manapun, sesuai dengan minatnya dalam sebuah ladang pekerjaan.