Geografi adalah disiplin ilmu yang luas. Dalam penjurusan atau spesialisasi, cabang ilmu Geografi pun cukup banyak. Luasnya cakupan jurusan Geografi menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, dengan demikian peluang karier untuk lulusan Geografi tidak terbatas.

Sebenarnya, apa itu Geografi? Geografi merupakan sebuah studi mengenai bumi, ciri fisik dan atmosfer pada aktivitas manusia dan bagaimana mereka saling berpengaruh. Ilmu ini berfokus pada tanah, iklim, ruang, populasi, kepadatan penduduk, perubahan lingkungan, bagaimana manusia bereaksi terhadap perubahan lingkungan, migrasi, dan banyak lagi.

Jurusan Geografi membekali mahasiswa agar memahami penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, termasuk dalam hal penguasaan teknologi sistem informasi geografi (SIG). Bidang peminatan yang ditawarkan adalah geografi fisik, pengembangan wilayah, dan SIG dan penginderaan jauh.

Berikut ini beberapa pilihan karir yang membutuhkan keilmuan Geografi:
1. Perencana Tata Kota
Geografi sejatinya mempelajari tentang wilayah termasuk kota dan perkembangannya. Perencana tata kota akan bekerja memetakan zonasi kota, tata guna lahan dan model pengembangannya. Jika anda kreatif, anda dapat berkerja bersama pengembang properti atau pejabat daerah (BAPPEDA). Jika tertarik menjadi urban planner, maka anda harus memilih peminatan perencanaan/pengembangan wilayah.
2. Kartograf
Bagi sebagian orang yang ahli pemetaan seperti penginderaan jauh, maka profesi kartograf merupakan sebuah hal yang menarik. Media berita, buku, atlas dan instansi pemerintah seringkali mencari kartograf untuk dapat membuat peta untuk berbagai aplikasi.
3. Spesialis SIG
Pemerintah kota, daerah dan instansi pemerintah atau swasta saat ini banyak meminta bantuan pada ahli SIG berpengalaman. Kemampuan desain grafis komputer dipadukan dengan analisis keruangan menjadikan SIG banyak dibutuhkan berbagai perusahaan di bidang seperti pertambangan, perminyakan, atau budidaya hutan.
4. Klimatolog
Lembaga Cuaca Nasional seperti BMKG banyak sekali membutuhkan ahli-ahli di bidang meteorologi dan klimatologi handal untuk menganalisis cuaca suatu wilayah.
5. Manajemen Kebencanaan
Di Indonesia bencana khususnya bencana geologi, meteorologi dan sosial sering terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka dibutuhkan seorang yang siap berkutat dengan bencana baik sebelum maupun ketika bencana terjadi. Setiap daerah di Indonesia memiliki kerentanan bencana yang berbeda sehingga memerlukan ahli di tiap daerahnya.
6. Demographer
Bagi yang menyukai hal-hal bersifat data penduduk seperti grafik pertumbuhan, rasio gender, angka migrasi, maka tidak ada salahnya anda bekerjasama dengan instansi daerah untuk menganalisa prakiraan penduduk di masa depan. Kamu nanti bisa terlibat dalam kegiatan-kegiatan survei yang berkaitan dengan aspek-aspek kependudukan.
7. Marketing
Anda yang ahli geografi sebenarnya memiliki kapasitas besar jika bekerja di bidang pemasaran. Pemasaran suatu produk membutuhkan analisa geografis yang baik agar strategi pemasaran untuk suatu produk/jasa sesuai dengan demografis penduduk di area-area tertentu.
8. Pustakawan
Wawasan anda di bidang geografi dapat digunakan dalam profesi pustakawan. Tentunya profesi ini harus ditunjang dengan fasilitas yang baik seperti museum di luar negeri yang tertata rapi.
9. Manager Taman Nasional
Profesi ini sangat cocok bagi geograf yang tidak betah kerja di kantor dan selalu ingin bekerja di outdoors. Indonesia memiliki banyak taman nasional dan hal tersebut merupakan peluang bagi kamu yang juga ingin membantu melestarikan spesies flora dan fauna yang dilindungi di taman-taman nasional. Sambil menjelajah alam, kamu bisa menganalisa setiap perubahan yang terjadi secara ekologi dan membuat analisa geografisnya.
14. Penasehat Real Estate
Mungkin profesi ini sangat jarang sekali namun seorang pengembang real estate membutuhkan data-data keruangan (peta, foto udara, topografi, jaringan jalan dll) yang mumpuni agar proyek yang akan dikerjakan nantinya tidak rugi.

10. Penulis/Peneliti
Kamu bisa menjadi penulis di media terkenal seperti National Geographic atau peneliti yang menjelajahi dunia sambil memperdalam riset di bidang geografi.

11. Guru/Dosen Geografi
Menjadi seorang guru geografi handal di sekolah atau menjadi dosen geografi bergelar profesor mungkin akan menarik buat kamu.

 

Referensi: Apa Yang Bisa Dikerjakan Seorang Sarjana Geograf?

One thought on “Geografi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *