Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Fisika


Ilmu fisika sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan semak­in berkem­bang pada zaman Galileo dan New­ton. Ilmu ini mem­pela­jari materi, energi, dan fenom­e­na alam, baik yang bersi­fat makroskopis maupun mikroskopis yang berkai­tan den­gan peruba­han zat atau energi. Saat ini, ilmu fisika san­gat men­dukung perkem­ban­gan teknologi, indus­tri, komu­nikasi, kerekayasaan (engi­neer­ing), kimia, biologi, kedok­ter­an, dan lain-lain.

 

Secara umum, juru­san Fisika memi­liki beber­a­pa cabang pem­i­natan, antara lain:

Gabun­gan antara penge­tahuan elek­tron­ika dan instru­men­tasi yang diper­lukan dalam perindus­tri­an. Mem­pela­jari ten­tang sen­sor dan micro­proces­sor kom­put­er.

Mem­pela­jari ilmu bumi meng­gu­nakan kaidah-kaidah atau prin­sip-prin­sip fisika: geologi, geo­de­si, metode eksplo­rasi den­gan teknologi seis­mic.

Pen­er­a­pan di dunia kese­hatan, teruta­ma yang berhubun­gan den­gan radi­asi nuk­lir, X-ray, ultra son­ic, dan laser.

Mem­ba­has kon­sep-kon­sep teknologi nuk­lir dan aplikasinya, teori kuan­tum, anal­isa dan pem­ro­gra­man di kom­put­er.

Mem­pela­jari rekayasa mate­ri­al dan pem­bu­atan pro­duk berdasarkan bahan mate­ri­al ter­ten­tu. Con­toh bidang kom­pe­tensinya adalah nan­otech­nol­o­gy dan polymer/plastik sin­te­sis.

 

Juru­san Fisika berbe­da den­gan Teknik Fisika ataupun Pen­didikan Fisika. Lulu­san Teknik Fisika diper­si­ap­kan untuk men­jadi insinyur (engi­neer) dan lulu­san Pen­didikan Fisika men­jadi pengajar/dosen; sedan­gkan Fisika (Murni) disi­ap­kan untuk men­jadi ilmuwan.

 

Den­gan posisi ilmuwan, lulu­san sar­jana Fisika dap­at bek­er­ja di lab­o­ra­to­ri­um riset untuk bidang teknologi (NASA) atau kese­hatan (lem­ba­ga riset kanker) dan perusa­haan swasta baik di bagian riset, pro­duk­si, ataupun pemasaran pro­duk. Untuk kon­sten­trasi geofisika, sar­jana Fisika dap­at bek­er­ja di bidang per­tam­ban­gan, baik minyak bumi dan gas alam, batu bara maupun logam. Sedan­gkan bidang teknologi infor­masi selalu mem­bu­tuhkan ahli elek­tron­ika. Ten­tu saja masih ada pelu­ang men­jadi dosen, jika berani studi lan­jut ke tingkat S2 dan S3.

 

 

Ref­er­en­si:

http://id.wikipedia.org/wiki/Fisika

http://fisika.ub.ac.id/web/node/71

http://fisika.undip.ac.id/akademik/distribusimk/3

http://apaipa.blogspot.com/2012/09/apa-arti-fisika.html

mutia dwi purnama
Senin, 24 Pebruari 2014
3:20 pm

infor­masi buat fisika medis (s2) uni­ver­si­tas apa aja yang ada di indone­sia?

    admin Sarjana
    Selasa, 25 Pebruari 2014
    2:06 am

    Kamu bisa gali infonya di Tab Per­bandin­gan Biaya.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi