Kamu yang tertarik menjadi perwira kelautan bisa memilih jurusan ini. Para taruna di jurusan Elektro Pelayaran akan memiliki kompetensi sebagai perwira jaga elektronika seperti yang diamanatkan KM.70 Kementerian Perhubungan yang mampu mengontrol, merawat, memperbaiki sistem, dan mengoperasikan sistem distribusi listrik di bawah 1000 V untuk kapal berdaya 750 KW.

 

Jurusan Elektro Pelayaran dikembangkan berdasarkan standar diklat yang mengacu pada STCW amandemen 2010 Manila pada regulasi III/6 Code Section A-III/6. Lulusan dari program pendidikan ini akan mendapatkan ijasah DIII Elektro Pelayaran dan sertifikat kompetensi Electro Technical Officer (ETO) yang dapat dipergunakan untuk bekerja sebagai perwira elektro (ETO) di kapal niaga.

 

Animo pendaftar jurusan ini tiap tahun terbilang cukup banyak. Terlebih karena sebagai negara kepulauan, Indonesia membutuhkan hampir 1000 pelaut per tahun. Namun, tidak semua lulusan jurusan ini menjadi perwira kelautan. Peluang karir yang bisa dijalani adalah memasuki perusahaan-perusahaan seperti Pertamina atau Pelni.

 

 

Referensi:

http://poltekpel-sby.ac.id/index.php/jurusan/poltekpel/DIII-Elektro-Pelayaran (diakses pada 6 April 2015)

http://beritatrans.com/2014/06/22/tiap-tahun-indonesia-butuh-1000-pelaut/ (diakses pada 6 April 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *