Indonesia sebagai salah satu negara Islam terbesar di dunia memiliki perkembangan yang sangat pesat di sektor ekonomi yang berbasis syariah. Perbankan syariah, asuransi syariah, lembaga keuangan mikro syariah, perhotelan, dan bisnis lainnya yang pengelolaannya dilakukan menurut nilai-nilai Islam telah memiliki posisi yang kompeten dalam perekonomian global.

Hal ini tentu menarik karena beberapa kampus dan universitas telah membuka Jurusan Ekonomi Syariah/Islam dan menjadikan ekonomi Islam sebagai salah satu pilihan yang menarik bagi masyarakat. Jika kamu ingin menjadi tenaga-tenaga profesional yang siap untuk membawa kemajuan bagi Ekonomi Syariah/Islam, jurusan ini adalah pilihan yang tepat.

Ekonomi Syariah/Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat, yang diilhami oleh nilai-nilai Islam. Apa bedanya dengan ilmu ekonomi konvensional? Sistem ekonomi syariah menawarkan sistem bagi hasil untuk profit yang didapat. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan, dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap pelaku usaha.

Di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang Ekonomi Syariah/Islam, tapi kamu juga akan belajar tentang ilmu ekonomi dasar konvensional, seperti Pengantar Bisnis, Manajemen Keuangan, dan Pengantar Akuntansi.

Tak perlu takut dan ragu karena kamu tidak memiliki kemampuan dan kapabilitas pada bidang ilmu Ekonomi Syariah/Islam karena di jurusan ini kamu akan belajar pengetahuan mulai dari dasar dan pemahaman yang tepat tentang ekonomi Islam dasar, permasalahan bidang ekonomi, analisis ekonomi, manajemen keuangan, manajemen bisnis syariah, Fiqih Mualamah, Ushul Fiqih, Akuntansi Syariah, dan lain sebagainya.

Menurut salah satu universitas ternama di Jawa Timur, ada beberapa mata kuliah yang ditawarkan di jurusan Ekonomi Syariah/Islam, seperti:

1. Agama Islam

2. Pancasila dan Kewarganegaraan

3. Filsafat Ilmu

4. Bahasa Inggris

5. Pengantar Bisnis danManajemen

6. Pengantar Teori Ekonomi Makro dan Mikro

7. Pengantar Akuntansi

8. Matematika Ekonomi

9. Ekonomi Moneter

10. Manajemen Keuangan

11. Manajemen Pemasaran

12. Manajemen Bank Syariah

Mata kuliah ini mempelajari tentang seluk-beluk manajemen bank berbasis ekonomi syariah.

13. Aplikasi Komputer

14. Ekonomi Zakat

Mata kuliah ini mempelajari tentang sejarah dan teori tentang ekonomi zakat.

15. Akuntansi Syariah

Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana membuat dan menganalisis pelaporan keuangan berbasis syariah, misalnya adanya pemilahan antara pendapatan halal dan non halal. Jadi akun-akunnya berbeda dengan pelaporan akuntansi konvensional. Istilah-istilah yang digunakan pun berbeda sehingga kamu harus memahami dengan detail tentang ekonomi syariah. Contoh lainnya, zakat merupakan kewajiban yang harus dikeluarkan sehingga pendapatan bersih dihitung dari pendapatan kotor dikurangi dengan zakat.

16. Manajemen Keuangan dan Investasi Syariah

Mata kuliah ini belajar tentang manajerial keuangan dani nvestasi syariah mulai dari manajemen keuangan konvesional dan dikaitkan dengan hadits-hadits.

17. Manajemen Bisnis Syariah

Dalam mata kuliah ini kamu akan diajarkan bagaimana mengelola bisnis dengan baik dan menjadi seorang wirausahawan yang sesuai dengan dasar-dasar hukum syariah.

18. Fiqih Muamalah

Dalam mata kuliah ini kamu akan belajar tentang sejarah-sejarah dan hukum-hukum Islam.

19. Ushul Fiqih

Dalam mata kuliah ini kamu akan belajar tentang sejarah-sejarah dan hukum-hukum Islam.

Peluang kerja lulusan atau prospek lulusan Ekonomi Syariah/Islam sangat luas. Kamu bisa menjadi tenaga pengajar di berbagai lembaga pendidikan, wirausahawan mandiri yang mendirikan bisnis berbasis Islam, tenaga pelaksana pembangunan ekonomi berdasarkan Islam, professional di lembaga bisnis syariah.

Kemampuan yang harus dimiliki jika kamu ingin memilih jurusan ini, antara lain bisa menguasai bahasa Arab, menguasai Al-Quran dan hadits-hadits, serta menyukai hal-hal yang berhubungan dengan sejarah Islam dan Ekonomi Islam.

Saat ini, universitas-universitas yang menawarkan Ekonomi Islam/Syariah masih sangat terbatas di Indonesia. Namun, inilah yang menjadi tantangannya. Kamu bisa bersaing dengan berbagai calon mahasiswa di Indonesia, dan alumni atau lulusan dari jurusan ini tentu akan dibutuhkan di berbagai perusahaan.

 

Referensi:

http://syariah.feb.unair.ac.id (diakses pada 3 September 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_syariah (diakses pada 3 September 2012)