0828-9405-9829

Desain Komunikasi Visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi). Elemen visual tersebut adalah gambar, simbol, lambang, warna, ilustrasi, dan seni menulis (typography), dan masih banyak lagi. Proses penyampaian pesan visual akan disampaikan kepada penerima pesan dengan komunikatif, kreatif-inovatif, efektif, dan efisien melalui berbagai bentuk media untuk tujuan tertentu.

Istilah Desain Komunikasi Visual sering kita dengar dengan sebutan DKV. Sebenarnya DKV merupakan perkembangan dari seni reklame dan desain grafis. Jika kamu memilih jurusan ini kamu akan belajar menciptakan informasi dengan bentuk visual, mengolah kata-kata menjadi komunikatif dengan tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya.

Metode belajar yang lebih diterapkan selama perkuliahan DKV adalah praktik. Namun, teori juga diberikan dengan efektif guna menunjang kemampuan mahasiswa. Jurusan DKV memiliki keunikan tersendiri karena adanya pengajar-pengajar yang kreatif dan memiliki kemampuan mahir di bidang seni. Selain itu, mata kuliah yang diberikan membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi dan kemampuan aplikasi yang menghasilkan bentuk visual yang indah.

Mata kuliah yang didapat mahasiswa jurusan DKV adalah sebagai berikut:

1. Tipografi

Mata kuliah ini mempelajari tentang klasifikasi atau tipe-tipe tata huruf dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebaran sehingga memperoleh hasil desain yang nyaman untuk dibaca atau dilihat.

2. Nirmana
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengorganisasian atau penyusunan elemen visual-visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur sehingga menjadi kesatuan yang harmonis.

3. Desain Komunikasi Visual

Mata kuliah ini mempelajari tentang penerapan desain pada hasil karya desain grafis dengan kreatif

4. Fotografi

Mata kuliah ini mempelajari teknik-teknik fotografi yang benar dengan menggunakan kamera dan sistem lighting, selain itu kamu akan belajar mendesain hasil foto dengan teknik-teknik visual.

5. Komputer

Mata kuliah ini mempelajari tentang teknik-teknik penggunaan komputer di dalam aplikasi desain komunikasi visual.

6. Drawing

Mata kuliah ini memperlengkapi mahasiswa untuk memiliki kemampuan gambar yang detail dengan bentuk dan perspektif yang dipelajari dalam bentuk sketsa

7. Advertising

Mata kuliah ini memperlengkapi mahasiswa untuk menciptakan sebuah desain periklanan dan advertising.

8. New Media

9. Design Method

10. Animasi

11. Gambar Ilustrasi

12. Komik

13. Digital Editinfa dan Post Production

14. Visual Branding dan Corporate Culture

Bagi kamu yang ingin masuk jurusan ini, kamu haruslah orang yang kreatif, memiliki jiwa seni, bisa menggambar, mewarnai, dan suka bermain dengan logika sebab dengan kreativitas yang tinggi kamu akan dituntut membuat desain yang spektakuler, yang bisa diaplikasikan dalam media cetak, media elektronik, periklanan, dan berbagai industri multimedia lainnya.

Prospek karir lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual adalah sebagai berikut:

a. grafis, yakni sebagai tenaga ahli yang memiliki keterampilan dalam merancang desain visual,

b. ilustrator, yakni perancang gambar desain ilustrasi (komik atau ilustrasi gambar),

c. ahli animasi/komikus,

d. media promosi/marketing, yakni memodifikasi, mengembangkan, dan merancang berbagai media untuk pemasaran produk-produk tertentu,

e. technopreneurship, yakni mengembangkan dan merancang produk media digital, serta menciptakan inovasi bisnis berbasis media digital,

f. industri penerbitan dan percetakan

g. industry multimedia

h. fotografer

i. art director

Gelar lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual adalah Sarjana Seni (S. Sn).

 

Referensi:

http://dkv.petra.ac.id/profil-jurusan/overview-jurusan-dkv/http://dkv.imtelkom.ac.id/index.php/susunan-mata-kuliah

http://www.maranatha.edu/fakultas/fsrd/s1-desain-komunikasi-visual